Selasa, 04 Agustus 2020 16:31

29 Tewas dalam Serangan ISIS Terhadap Penjara di Afghanistan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.

Serangan mematikan ISIS terhadap sebuah penjara di kota Jalalabad, Afghanistan timur, telah menewaskan sedikitnya 29 orang dan melukai 50 lainnya. Para pejabat mengatakan "10 teroris" bersenjata berat dan ringan tewas dalam operasi militer itu.

RAKYATKU.COM - Serangan mematikan ISIS terhadap sebuah penjara di kota Jalalabad, Afghanistan timur, telah menewaskan sedikitnya 29 orang dan melukai 50 lainnya, termasuk narapidana dan personel keamanan.

Pihak berwenang mengatakan serangan hari Minggu (2/8/2020) oleh ISIS cabang lokal itu berlangsung sekitar 20 jam hingga Senin (3/8/2020).

Kementerian Pertahanan Senin (3/8/2020) merilis pernyataan yang menyebut bahwa serangan di penjara Nangarhar itu sudah berakhir. Dikatakannya, bangunan di mana para anggota ISIS mengambil posisi, telah 'dibersihkan'.

Baca Juga : Korban Tewas Akibat Gempa di Afghanistan Capai 1.000 Orang

Para pejabat mengatakan "10 teroris" bersenjata berat dan ringan tewas dalam operasi militer itu. Insiden itu juga menewaskan dua anggota pasukan keamanan. Pernyataan itu juga mengatakan bahwa 10 narapidana tewas dan enam lainnya terluka oleh para pelaku.

"Penjara itu kini dalam kendali pasukan keamanan Afghanistan," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Fawad Aman kepada saluran Tolo News.

Penjara itu menahan hampir 1.800 narapidana ketika diserang. Polisi mengatakan mereka telah mengakap lebih dari 1.000 narapidana yang berusaha kabur. Sejumlah narapidana lainnya masih hilang.

Baca Juga : Gempa 6,1 SR Guncang Afghanistan, 280 Orang Tewas

Serangan itu, yang diklaim oleh kelompok ISIS lewat media yang dikelolanya, dimulai dengan ledakan bom bunuh diri. Tak lama kemudian, para pria bersenjata menyerbu fasilitas itu.

Para pejabat keamanan mengatakan operasi mereka bergerak perlahan guna melindungi warga sipil di kawasan itu.

Sejumlah pejabat kesehatan lokal mengonfirmasi bahwa korban luka serta jenazah korban tewas dibawa ke Rumah Sakit Regional Nangarhar.

Baca Juga : Blak-blakan Dideportasi Singapura, Ustaz Abdul Somad: Apakah karena Teroris? Apakah karena ISIS?

Nangarhar pernah menjadi kubu kuat ISIS cabang lokal, ISIS Khorasan. Pemerintah Afghanistan mendeklarasikan kelompok dikalahkan pada 2019 setelah operasi militer bertahun-tahun oleh pasukan Afghanistan dan AS. Namun kelompok itu terus menyerang target-target di berbagai wilayah termasuk Jalalabad dan Kabul.

Sumber: VOA Indonesia

#ISIS #Afghanistan