Sabtu, 01 Agustus 2020 14:01

Masjid Istiqlal Sembelih 35 Sapi dan Kambing, Jokowi dan Gereja Katedral Masing-Masing Seekor

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Masjid Istiqlal Sembelih 35 Sapi dan Kambing, Jokowi dan Gereja Katedral Masing-Masing Seekor

Sapi kurban Jokowi dan Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal itu berjenis peranakan ongole (PO).

RAKYATKU.COM - Masjid Istiqlal menggelar penyembelihan hewan kurban, Sabtu (1/8/2020). Total hewan yang dikurbankan 35 ekor. Dua puluh di antaranya sapi.

Di antara 20 ekor sapi yang disembelih tersebut, satu di antaranya sapi milik Presiden RI, Joko Widodo. Ada juga sumbangan satu ekor sapi dari Gereja Katedral yang bangunannya berhadapan langsung Masjid Istiqlal.

"Alhamdulillah diluar dugaan kami karena kita kemarin tidak melakukan salat Iduladha di Istiqlal," ujar Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar di Rumah Potong Hewan (RPH) Masjid Istiqlal, Jakarta.

Selain sapi milik Presiden Jokowi, ikut disembelih di Istiqlal sapi milik Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Menteri Agama Fachrul Razi, Kapolri Jenderal Idham Azis, dan Mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri.

Sapi kurban Jokowi dan Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal itu berjenis peranakan ongole (PO).

Daging kurban Masjid Istiqlal didistribusikan dalam tiga kategori. Pertama, mendistribusikan beberapa hewan kurban ke lembaga atau masjid sudah ditentukan.

Kedua, yakni dengan memotong hewan kurban langsung di RPH Masjid Istiqlal. Setelah dipotong, daging-daging akan dimasukkan ke dalam karung untuk diserahkan kepada lembaga-lembaga amal. Masing-masing karung akan berisi 25 kilogram daging.

Ketiga, khusus untuk pekerja, pegawai lingkungan Istiqlal yang mencapai sekitar 260 orang.

Ketua panitia kurban Masjid Istiqlal, Abu Hurairah mengatakan, daging sapi yang dikurbankan di Masjid Istiqlal diperkirakan sebanyak 6.387 kilogram. Sementara kambing sekitar 268 kilogram.

 

#kurban jokowi