Kamis, 23 Juli 2020 06:41

Bahas Oprit Jembatan Pacongkang, Wagub Sulsel dan Bupati Soppeng Turun Langsung ke Lapangan

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Soppeng A Kaswadi Razak saat meninjau pengerjaan jembatan Pacongkang, Selasa (21/7/2020).
Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati Soppeng A Kaswadi Razak saat meninjau pengerjaan jembatan Pacongkang, Selasa (21/7/2020).

Jembatan Pacongkang akan membuka akses wisata ke Permandian Citta.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Jembatan Pacongkang di Kabupaten Soppeng telah memasuki tahap pengerjaan. Jembatan ini menghubungkan antara Desa Pacongkang, Kecamatan Liliriaja dan Desa Kampiri, Kecamatan Citta.

Sebelum dikerjakan, kondisi jembatan itu sangat memprihatinkan. Banyak bagian pada jembatan itu yang tampak rapuh dan hilang. Pelat besinya pun tidak lagi tersusun rapi. Kondisi itu pun sangat membahayakan bagi masyarakat yang melintas. 

Hal itu pun sempat dikeluhkan oleh masyarakat selama bertahun-tahun karena menjadi sarana yang dilewati masyarakat setempat.

Selasa (21/7/2020), Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, meninjau tahap pengerjaan jembatan itu. Ia didampingi oleh Bupati Soppeng, A. Kaswadi Razak serta unsur Forkopimda Kabupaten Soppeng.

Baca Juga : Atas Inisiatif Wagub Sulsel, Warga Paccerakkang: Alhamdulillah Kami Tidak Kebanjiran Lagi

Kunjungan orang nomor dua di Sulsel kali ini sebagai bentuk pengawalan program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Rencananya struktur ini nantinya, jembatan rangka baja pelengkung ke atas. Untuk tahun 2020 ini, dilakukan konstruksi tumpuan jembatan di kedua sisinya. Butuh clear area oprit jembatan berdampak pembebasan lahan di kedua ujung jembatan untuk free access konstruksi. Pembebasan lahan oprit tahap pertama sekitar 4 rumah dan 1 tiang listrik perlu direlokasi.

"Saat ini tahap pembangunan tahap awal, dimulai dari bawah struktur jembatan. Tahun selanjutnya akan diprogramkan untuk bagian pembangunan selanjutnya," ungkap Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga : Wagub Sulsel Apresiasi Distribusi Masker Medis GP Ansor, KSP, dan Aice Group ke Kelompok Rentan Penularan

Jembatan ini nantinya, kata Andi Sudirman, akan memberikan manfaat untuk masyarakat Kecamatan Citta. Yang bisa membuka akses wisata ke permandian Citta.

"Insyaallah kedepan akan lebih baik, insyaallah Pak Bupati akan membantu pembebasan lahan milik warga di area oprit," sambungnya.

Bupati Soppeng, A. Kaswadi Razak menyampaikan dukungannya kepada pemerintah provinsi dalam membangun jembatan Pacongkang. Ia pun langsung merepons cepat soal pembahasan jembatan Pacongkang dan akan membantu menyelesaikan pembebasan lahan yang digunakan sebagai oprit jembatan.

Baca Juga : Utus Andalan Sulsel Peduli Berbagi di Pulau Lae-Lae, Istri Wagub Sulsel: Berbagi Memberi Rasa Damai

"Insyaallah kita akan mengawal pembebasan lahan. Kami Pemerintah Kabupaten Soppeng berkomitmen untuk membantu pemerintah provinsi agar pembangunan jembatan dapat berjalan," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Andi Sudirman pun menitipkan pesan kepada tim konstruksi agar terus berkoordinasi dengan Bupati dan Forkopimda Kabupaten Soppeng termasuk memastikan protap kesehatan dijalankan selama pengerjaan dalam upaya penanganan Covid-19.

Penulis : Irmawati Azis
#Wagub Sulsel