Senin, 13 Juli 2020 17:43

Bupati Takalar Resmikan RSUD Polongbangkeng Utara

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Takalar Syamsari saat meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama Polongbangkeng Utara, pada Senin (13/7/2020) pagi.
Bupati Takalar Syamsari saat meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama Polongbangkeng Utara, pada Senin (13/7/2020) pagi.

Bupati Takalar Syamsari meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama Polongbangkeng Utara, pada Senin (13/7/2020) pagi.

RAKYATKU.COM, TAKALAR - Bupati Takalar Syamsari meresmikan pengoperasian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Pratama Polongbangkeng Utara, pada Senin (13/7/2020) pagi. RSUD ini sebelumnya berstatus puskesmas. 

Syamsari mengatakan, hadirnya RSUD tipe D ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Takalar dalam memberikan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada warganya. 

"Dengan adanya RSUD ini, tindakan preventif dan kuratif langsung di tengah-tengah masyarakat. Artinya, sudah jadi kewajiban pemerintah meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat," katanya.

Syamsari menjelaskan bahwa RSUD ini hadir untuk mengurai pasien yang sebelumnya berkumpul di RSUD H Padjonga Dg Ngalle yang kini menjadi RS rujukan penyangga penanganan Covid-19. 

"Kita berupaya membagi yang sifatnya sakit ringan, bisa diarahkan ke RSUD tipe D sehingga tidak menumpuk. Kita berharap RSUD H Padjonga Dg Ngalle dan RSUD tipe D ini akan menjadi terdepan dalam rangka tindakan kuratif," harapnya.

Di akhir sambutannya, Syamsari meminta kepada warganya tidak perlu repot jauh-jauh berobat ke RSUD H Padjonga Dg Ngalle. Cukup ke RSUD tipe D yang lokasinya dekat dengan rumah. Warga sudah bisa berobat ke RSUD Tipe D ini jika sekadar penyakit ringan.

Sementara itu, Dirut RSUD tipe D drg Ihyana Malik menjelaskan bahwa tujuan pemerintah dalam mewujudkan RSUD tipe D ini untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

"Dengan terwujudnya RS ini, semoga kami bisa melaksanakannya dengan baik, dapat berjalan sesuai dengan visi dan misi RSUD tipe D dengan simbol gambar jantung, palang dan daun yang mengartikan denyut kehidupan, kesehatan yang akan kami optimalkan ke masyarakat serta memberikan kesejukan kepada pasien untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal dalam mendukung kehidupan yang berkualitas," jelas Ihyana Malik.

Diharap visi RSUD tipe D ini akan mendukung kebijakan daerah untuk menjadikan Kabupaten Takalar sebagai kabupaten sehat.

Dalam acara juga dirangkaikan dengan penyerahan surat izin Operasional RSUD  Tipe D Pratama Polongbangkeng Utara yang diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Takalar Jabir Bonto kepada Dirut RSUD Tipe D Pratama.