Kamis, 09 Juli 2020 07:16

Penuhi Stok di Tengah Pandemi, Paldam XIV/Hasanuddin Gelar Donor Darah

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Paldam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar aksi donor darah di Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (8/7/2020).
Paldam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar aksi donor darah di Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (8/7/2020).

Paldam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar aksi donor darah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Paldam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar menggelar aksi donor darah di Makodam, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu (8/7/2020).

Donor darah ini diikuti langsung oleh Kapaldam XIV/Hasanuddin, Kolonel Cpl Yudha Adillah, beserta puluhan prajurit Paldam XIV/Hasanuddin.

Kolonel Cpl Yudha Adillah mengungkapkan, donor darah dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-74 Peralatan TNI Angkatan Darat.

"Ini bentuk kepeduliaan prajurit Paldam XIV/Hasanuddin untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan darah di tengah mewabahnya pandemi Covid-19," ungkapnya.

Donor darah ini, kata dia, akan sangat membantu PMI dalam mengantisipasi terjadinya kekurangan stok darah dan membantu memenuhi kebutuhan darah bagi pasien yang terpapar Covid-19 dan pasien RS lainnya.

"Donor darah ini sebagai upaya mengatasi kekurangan persediaan darah di PMI. Aksi kemanusiaan ini dengan tetap memperhatikan prosedur pencegahan penyebaran Covid-19," ucapnya.

Ketua PMI Kota Makassar, Syamsu Rizal MI, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pendonor yang telah membantu PMI dalam memenuhi persediaan stok darah.

“Terima kasih kepada para pendonor yang secara ikhlas dan sukarela mau menyumbangkan darahnya untuk membantu mereka yang membutuhkan. Terima kasih prajurit TNI yang selalu siap dan men-support PMI dalam membantu ketersediaan stok darah di Makassar,” ucapnya.

Deng Ical sapaan akrab ketua PMI Kota Makassar mengungkapkan, saat ini permintaan darah dari pasien RS untuk komponen tertentu sangat tinggi.

“Kondisi sekarang, permintaan darah jenis trombosit golongan darah A, B, dan O sangat tinggi. Stok jenis darah inilah yang biasanya kurang atau kosong sama sekali. Permintaan darah kebanyakan dari pasien leukimia dan DBD,” beber Deng Ical.

Untuk itu, pihaknya akan berupaya menggandeng banyak pihak untuk membantu penggalangan kantong darah dalam memenuhi kebutuhan stok darah di Makassar.

Tak lupa, Deng Ical mengucapkan selamat kepada Paldam 
XIV/Hasanuddin yang merayakan hari jadi ke-74 tahun ini.

"Selamat ulang tahun kepada jajaran Paldam XIV/Hasanuddin, terima kasih atas pengabdiannya terkhusus untuk aksi-aksi kemanusiaannya dalam membantu sesama," ucapnya.

Loading...