Rabu, 08 Juli 2020 20:28

Mendagri Launching Gerakan Sejuta Masker Pemkab Gowa

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian saat melaunching Gerakan Sejuta Masker Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Rabu (8/7).
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian saat melaunching Gerakan Sejuta Masker Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Rabu (8/7).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian melaunching Gerakan Sejuta Masker Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Rabu (8/7).

RAKYATKU.COM, GOWA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian melaunching Gerakan Sejuta Masker Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa di Gedung Haji Bate Sungguminasa, Rabu (8/7).

Mendagri dalam sambutannya mengaku mengapresiasi Gerakan Sejuta Masker ini. Menurutnya, selama ini pemerintah masih hanya fokus dan sudah melakukan pada tahap sosialisasi yang cukup lama. Bahkan beberapa daerah, kata Tito Karnavian juga sudah mengeluarkan Peraturan Bupati ataupun Peraturan Daerah (Perda) tanpa ada intervensi untuk melakukan gerakan pembagain masker.

"Saat ini yang belum ada itu aksinya karena masyarakat kita belum semuanya punya masker. Sehingga harus ada intervensi pemerintah untuk membagikan masker. Jangan hanya buat baliho ajakan pake masker tapi gak ada yang membagikan masker," jelasnya.

Mantan Kapolri ini menilai bahwa pembagain ini salah satu cara yang efektif untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Dirinya menjelaskan bahwa penularan Covid-19 ini melalui tiga aspek, yaitu droplet, benda atau objek dan melalui aerosol. "Sehingga salah satu yang bisa mencegah itu adalah penggunaan masker. Karena pengguna masker itu relatif bisa mengatasi yang ketiga itu," tandasnya.

Ia berharap gerakan sejuta masker ini bisa diikuti oleh kabupaten/kota lainnya di Indonesia. Dirinya juga yakin jika ini bisa diikuti daerah lainnya maka kurva kasus Covid-19 di Indonesia bisa diturunkan bahkan hingga 50 persen.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih Kepada Mendagri telah menjadikan Kabupaten Gowa sebagai lokasi launching Gerakan Sejuta Masker. "Gerakan sejuta masker ini merupakan ide beliau dan menjadi tantangan bagi Kabupaten Gowa. Kami berterimakasih menunjuk Kabupaten Gowa. Kami ingin menjadi contoh daerah yang bisa disiplin memakai masker," ujarnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malagnni dan jajaran Forkopimda Kabupaten Gowa serta pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.