Rabu, 08 Juli 2020 21:02

Pakai Aplikasi, Isi Celengan di Masjid Binalipu Parepare Kini Bisa Dilakukan Kapan Saja

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sekda Parepare, Iwan Asaad
Sekda Parepare, Iwan Asaad

Inovasi Pemerintah Kota Parepare tidak hanya mengedepankan kemudahan  pelayanan publik kepada masyarakat di bidang pemerintahan. 

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Inovasi Pemerintah Kota Parepare tidak hanya mengedepankan kemudahan  pelayanan publik kepada masyarakat di bidang pemerintahan. 

Juga telah menyasar pelayanan masyarakat di bidang keagamaan.

Masjid Binalipu Kota Parepare yang berada dalam kompleks kantor wali kota Parepare menerapkan sumbangan berbasis online. 

Sekretaris Daerah Kota Parepare, H Iwan Asaad menginisiasi hadirnya "celengan online" layanan sumbangan di Masjid Binalipu. 

Abdul Waris, kepala Bagian Kesra mengatakan, hadirnya celengan online ini akan memberikan kemudahan bagi jemaah yang ingin menyumbang masjid.

Jemaah yang ingin mengisi celengan tidak harus hadir di masjid. Celengan masjid dapat diisi melalui aplikasi dompet digital atau e-Walet seperti LinkAja, OVO, GoPay, dan Dana.

Jemaah tinggal masuk ke dompet digital yang dimiliki, misalnya Ovo, Gopay, Link Aja, Dana. Setelah menscan kode dan memasukkan nominal sedekah, sumbangan tersebut akan langsung tertransfer ke rekening Masjid Binalipu Kota Parepare. 

Dengan adanya inovasi ini, jemaah bisa kapan dan dimana saja dapat mengisi celengan masjid. Melalui aplikasi, jemaah masjid tinggal melakukan scan barcode yang tertempel di pintu masjid. 

Waris berharap barcode ini dapat tersosialisasi agar semakin banyak jemaah masjid yang menyumbang sebagai tabungan akhirat kelak.

Inovasi celengan online ini disamping menjamin keamanan kotak amal masjid dari pencurian, juga secara tidak langsung telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan tidak melakukan transaksi secara tunai. 

Kehadiran celengan online ini merupakan salah satu perwujudan Parepare menuju konsep smart city seperti yang selalu didengungkan Wali Kota Parepare, HM Taufan pawe yang mengharapkan Parepare menjadi kota smart city.