Senin, 06 Juli 2020 20:34

Tenaga Kesehatan di Bantaeng Positif Covid-19, Bupati Ajak Pasien Jujur kepada Dokter

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng merilis peningkatan kasus Covid-19 Bantaeng.

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng merilis peningkatan kasus Covid-19 Bantaeng. 

Jumlah warga Bantaeng yang terinfeksi corona bertambah. Sebagian besar di antaranya adalah tenaga kesehatan.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Bantaeng, Dr Ilham Azikin mengatakan, dari tiga kasus positif corona yang ditangani di RSUD Bantaeng, tim gugus tugas melakukan swab test terhadap 81 tenaga kesehatan. 

Hasilnya, sekitar 12 persen tenaga kesehatan dinyatakan positif corona.

"Tetapi kami belum bisa menyebut angka pastinya karena kami menunggu angka register dari tim gugus tugas provinsi dan pusat," jelas dia.

Dia mengatakan, pihaknya masih menunggu registrasi dari tim gugus pusat dengan tujuan untuk mempermudah proses pendataan. Selain itu, proses rilis juga harus sesuai petunjuk dari tim gugus pusat berupa angka registrasi pasien.

Dia mengajak kepada semua warga dan pasien di RSUD Bantaeng untuk jujur kepada tenaga kesehatan. 

"Kejujuran pasien juga adalah keselamatan untuk nakes kita," jelas dia.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengatakan, proses tracing kontak terus dilakukan untuk mengecek semua warga yang teridentifikasi. 

Dia berharap, semua kontak erat agar ikut membantu tenaga kesehatan untuk memberikan keterangan yang akurat.

"Ini juga terkait dengan kesadaran kita semua untuk ikut saling menjaga dan melindungi," kata dia.

Andi Ihsan juga menambahkan, tim gugus tugas sama sekali tidak memiliki niat untuk menyembunyikan informasi. Menurutnya, hal ini dilakukan sesuai dengan petunjuk tim gugus pusat.

"Mohon maaf kami sedikit telat memberikan informasi. Bukan karena kami ingin sembunyikan, tetapi karena kami menunggu konfirmasi dan registrasi tim gugus pusat," jelas dia.

Kondisi APD 

Direktur RSUD Bantaeng, dr Sultan juga membantah jika RSUD Bantaeng kecolongan sehingga ada tenaga kesehatan yang terpapar corona. 

Dia mengatakan, pada dasarnya kebutuhan APD untuk nakes di Bantaeng itu jauh lebih dari cukup. Bahkan dia menyebut APD yang digunakan nakes di Bantaeng itu adalah APD dengan tingkat keamanan level lima. 

"Kalau standarnya APD itu level tiga," jelas dia.

Dia juga mengakui, saat ini RSUD Bantaeng masih menjadi rumah sakit yang diandalkan untuk wilayah selatan Sulsel. Oleh karena itu, keberadaan rumah sakit ini akan menjadi rujukan untuk warga tetangga dari luar Bantaeng.

"Pasien yang datang ke RS kita ada dari luar Bantaeng. Kita sangat harapkan kejujuran kita semua," jelas dia.

Dia menambahkan, terpaparnya nakes di Bantaeng ini sangat erat kaitannya dengan kejujuran pasien. Tindakan yang diambil oleh nakes tentu sangat erat kaitannya dengan keterangan yang disampaikan oleh pasien.

"Oleh karena itu, kami sangat berharap kesadaran semua pihak untuk memberikan keterangan yang jujur terhadap pasien," jelas dia.

Dokter yang menangani Covid-19 di Bantaeng, dr Saharuddin menambahkan, pada dasarnya, Covid-19 adalah virus baru yang belum diketahui pasti upaya yang perlu dilakukan. 

Oleh karena itu, keterangan pasien adalah salah satu langkah awal untuk menentukan tindakan medis terhadap pasien.

Tracing Kontak Sebanyak Mungkin

Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin memerintahkan kepada semua tim gugua tugas untuk bekerja cepat menangani kasus ini. Dia mengaku telah menginstruksikan untuk melakukan tracing kontak sebanyak mungkin dan secepat mungkin.

Dia juga memastikan, kebijakan anggaran untuk penanganan Covid-19 ini telah mendapat dukungan dari parlemen. Serapan anggaran Covid yang masih rendah selama ini itu juga terkait dengan kondisi Bantaeng yang masih berada pada zona hijau.

"Sampai siang ini, kita masih berada di zona hijau berdasarkan keterangan tim gugus provinsi. Tindakan yang selama ini kita lakukan adalah tindakan pencegahan," jelas dia.

Juru bicara Tim Gugus Tugas Kabupaten Bantaeng, dr Andi Ihsan menambahkan, sejauh ini, tracing kontak telah dilakukan sebanyak 81 orang untuk nakes di RSUD. Selain itu, juga telah dilakukan tracing kontak untuk keluarga pasien sebanyak 25 orang.

"Tim gugus tugas juga melakukan tracing kontak untuk 30 nakes di puskesmas kota. Hari ini kita swab test, karena peralatan swab baru tersedia hari ini," jelas dia.