Jumat, 03 Juli 2020 20:31

Usai Serahkan Bantuan kepada Korban Banjir Jeneponto-Bantaeng, KKSS Mimika Temui Gubernur

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika bertemu Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah.
Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika bertemu Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah.

Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika bertemu Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika bertemu Gubernur Sulsel, Prof HM Nurdin Abdullah.

Pertemuan berlangsung di kantor gubernur, Jumat (3/7/2020). 

Ketua KKSS Kabupaten Mimika, Papua, Syamsuddin Baena menyampaikan penyaluran bantuan kepada korban banjir Jeneponto dan Bantaeng. 

Kesempatan itu sekaligus dimanfaatkan bersilaturahmi dengan gubernur. Dia sekaligus mengundang Nurdin Abdullah untuk menghadiri pelantikan pengurus pilar-pilar atau otonom KKSS di 27 kabupaten/kota di Provinsi Papua.

"Kehadiran kami membawa amanah masyarakat Sulsel beserta suku-suku yang turut membantu. Itu bantuan untuk dua kabupaten, pertama Jeneponto, kedua Bantaeng," kata Syamsuddin Baena.

Ketua pengurus periode 2019-2024 ini menyebutkan, pelantikan pengurus otonom dijadwalkan akan dilaksanakan pada 11 Agustus 2020.

Syamsuddin juga melaporkan kondisi terkini kerukunan warga Sulsel dengan warga lokal. Pasca konflik sosial 2019 silam, kini telah kondusif, aman, dan damai. Kehidupan berjalan normal kembali. 

"Terdapat 80.000 orang Sulsel di Mimika," sebutnya.

Sekretaris KKSS Mimika, Darmawati Syam menyebutkan untuk bantuan telah disalurkan kemarin langsung ke Jeneponto dan Bantaeng. Bantuan ini merupakan bantuan ketiga.

Bantuan pertama disalurkan satu hari pasca banjir berupa tikar dan sarung. Bantuan kedua disalurkan berupa kompor dan mainan anak-anak pada 22 Juni lalu.

Ketua Tim Bantuan Sosial Jeneponto dan Bantaeng, Baharuddin mengatakan, bantuan yang berhasil terkumpul dari pengurus KKSS Mimika, relawan, paguyuban Jeneponto, paguyuban Bantaeng, Bulukumba, IKJ, IKKB, KKJB, Kompak, IWWS, Lutim, Pilar Sidrap, Pilar Gowa, Pilar Takalar, LAJ, KOVAC. Sebanyak Rp75 juta berhasil dikumpulkan. 

"Bergabung di situ. Itu totalnya Rp75 juta. Kita alokasikan ke lapangan, baik itu ke Jeneponto atau Bantaeng. Tentunya kita lihat kondisi masing-masing kabupaten," jelasnya.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah berterima kasih atas bantuan dan juga undangan yang diberikan. 

"Bantuan ini tentunya akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang ada di Bantaeng dan Jeneponto. Terima kasih atas bantuannya," ucap Nurdin.

Pada pertemuan ini, pengurus KKSS Mimika juga meminta izin kepada gubernur agar diberikan kesempatan menjadi panitia lokal menyambut para atlet Sulsel yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional XX pada tahun 2021 mendatang.