Kamis, 02 Juli 2020 09:02

KKSS Mimika Papua Bagi-Bagi Uang Tunai Rp75 Juta kepada Korban Banjir Jeneponto-Bantaeng

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
KKSS Mimika Papua Bagi-Bagi Uang Tunai Rp75 Juta kepada Korban Banjir Jeneponto-Bantaeng

Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika, Papua turut peduli dengan korban banjir bandang dan longsor yang melanda Jeneponto.

RAKYATKU.COM - Badan Pengurus Daerah (BPD) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Mimika, Papua turut peduli dengan korban banjir bandang dan longsor yang melanda Jeneponto.

Bantuan BPD KKSS Kabupaten Mimika Provinsi Papua tersebut dalam bentuk uang tunai sebesar Rp75 juta yang diperuntukkan kepada korban banjir bandang dan longsor di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto serta Bantaeng.

"Ini adalah wujud perhatian dari Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan yang ada di Papua untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena korban banjir di Rumbia dan Bantaeng," kata Ketua KKSS Kabupaten Mimika, Syamsuddin B, Kamis (2/7/2020).

Atas keperihatinan tersebut, kata dia pihaknya datang dari Papua untuk menyalurkan bantuan berupa finansial kepada korban banjir dan longsor di dua lokasi yakni Desa Rumbia, Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng.

"Bantuan yang kami berikan tidak seberapa. Jangan dinilai dari jumlahnya. Tapi inilah wujud kepedulian kami keluarga Sulawesi Selatan di Papua untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir," tambah Syamsuddin.

Dia bilang, dalam penyaluran bantuan ini pihaknya menurunkan tim yang mengetahui seluk beluk serta kondisi warga yang terkena banjir serta berkoordinasi dengan pemerintah setempat.

Koordinator lapangan sekaligus ketua tim donasi penanggulangan bencana KKSS Mimika Provinsi Papua, Baharuddin Daeng Sitaba menyebutkan bantuan yang disalurkan kali ini berupa uang tunai sebesar Rp75 juta rupiah.

Penyaluran bantuan bekerja sama Pemerintah Kecamatan Rumbia dan desa agar tepat sasaran. Demikian pula halnya di Kabupaten Bantaeng.

"Kami turun langsung menyalurkan bantuan ini kepada korban banjir secara door to door atau pintu ke pintu agar bantuan tersebut tepat sasaran dan didampingi pemerintah setempat," katanya.

Baharuddin menerangkan bahwa bantuan yang terkumpul tersebut adalah partisipasi donasi dari para relawan KKSS, IWSS, KKJB, dan sejumlah donasi lainnya yang pada akhirnya terkumpul dana sekitar Rp75 juta.

Rombongan Pengurus KKSS Kabupaten Mimika Provinsi Papua terdiri atas Ketua Syamsuddin, Sekretaris Abd Rahman, Wakil Sekretaris Hj Dharmawati, Bendahara panitia dan Korlap selaku Ketua Tim Baharuddin Daeng Sitaba.

Mereka diterima oleh Camat Rumbia dan disambut hangat masyarakat setempat.