Kamis, 02 Juli 2020 07:02

Menggembirakan, Wisata dan Budaya Parepare Masuk Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Amarun Agung Hamka.
Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Amarun Agung Hamka.

Pemerintah Kota Parepare harus berbangga. Daerah berjargon "Kota Peduli" itu kembali menunjukkan eksistensinya di tingkat nasional. Kali ini dalam bidang pariwisata dan budaya.

RAKYATKU.COM,PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare harus berbangga. Daerah berjargon "Kota Peduli" itu kembali menunjukkan eksistensinya di tingkat nasional. Kali ini dalam bidang pariwisata dan budaya.

Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020 menjadi bukti Kota Parepare diperhitungkan dalam hal kearifan budaya serta pariwisatanya. 

Budaya Parepare dan Pariwisata masuk nominasi dalam gelaran tahunan tersebut.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Amarun Agung Hamka mengungkapkan, Parepare masuk nominasi pada kategori wisata air dan budaya lokal.

"Susur Sungai Salo Karajae masuk nominasi wisata air. Sementara untuk kategori budaya kita ada Mappadendang. Mappadendang itu adalah budaya masyarakat Bugis setiap musim panen. Itu bentuk rasa syukur masyarakat atas hasil panen padinya. Sudah menjadi tradisi dan dilestarikan sampai sekarang," terang Hamka.

Hamka menjelaskan, keikutsertaan Kota Parepare di Anugerah Pesona Indonesia tahun ini merupakan sebuah kebanggaan. 

Namun ia masih harus mempersiapkan segala pendukung untuk mengikuti tahapan berikutnya di dalam penyelenggaraan itu. 

"Kita masuk nominasi. Selanjutnya kita akan persiapkan semua pendukung untuk lolos ke tahapan berikutnya," ungkap Hamka. 

Dia berharap, keikutsertaannya sebagai nominator dalam ajang itu mampu memberikan hasil terbaik yang membuat bangga masyarakat Parepare.

Bangkitnya sektor kepariwisataan di Parepare merupakan pengejawantahan dari visi misi Wali Kota Parepare Dr HM Taufan Pawe dalam membangun Kota Parepare dimana salah satu pilarnya adalah sektor kepariwisataan. 

Wali Kota Parepare HM Taufan Pawe beberapa waktu yang lalu menyampaikan perlunya melestarikan sebuah budaya dan menjaga objek wisata.

"Selama ini perbedaan budaya, ras, dan golongan bahkan agama tidak pernah menjadi pemecah di Indonesia, Sulawesi Selatan, terkhusus Parepare. Karena itu, mari bersama kita jaga dan lestarikan budaya kita," ungkap Taufan Pawe usai pergelaran Festival Salo Karajae beberapa waktu lalu.