Jumat, 26 Juni 2020 14:37

Wali Kota Palopo Ikuti Peringatan HANI 2020 Secara Virtual

Mulyadi Abdillah
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: IST
Foto: IST

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir ikut menyemarakkan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 secara virtual, pada Jumat, 26 Juni 2020.

RAKYATKU.COM, PALOPO - Wali Kota Palopo, HM Judas Amir ikut menyemarakkan puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 secara virtual, pada Jumat, 26 Juni 2020. Gelaran tersebut bertajuk "Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif dan Bahagia Tanpa Narkoba."

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan, peringatan HANI sebagai suatu mementum penting untuk tetap menunjukan kewaspadaan terhadap bahaya narkotika, khususnya para generasi muda. 

"Mari kita bersama-sama menyelamatkan generasi masa depan, menyelamatkan anak cucu kita, dan menyelamatkan bangsa Indonesia dari kejahatan narkoba," ucap Ma'ruf Amin.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Heru Winarko dalam laporannya menyampaikan, hasil penelitian BNN bekerjasama dengan LIPI pada tahun lalu, terjadi penurunan prevalensi penyalahgunaan narkoba. Hal ini bila menghitung perkembangan prevalensi penyalahgunaan narkotika sejak tahun 2011.

Bahkan jika dibandingkan antara prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2011 dan tahun 2019, maka sudah ada sekitar 1 juta penduduk Indonesia yang bisa diselamatkan dari jeratan narkotika.

"Dengan demikian kita dapat menyelamatkan sekitar 1 juta jiwa penduduk Indonesia," ujar dia.

Pada kesempatan itu pula, Kepala BNN Kota Palopo AKBP Ustim Pangarian menyampaikan, kata "Hidup 100%" dalam tema HANI tahun ini adalah sebuah harapan untuk lepas atau menghindari dan keluar dari penyalahgunaan narkotika, terutama dari generasi muda.

"Kita berharap seperti yang disampaikan Kepala BNN RI bahwa bonus demografi perlu kita perhatikan agar generasi muda kita dari tahun ke depan, mereka mengisi negara kita dengan kepemimpinan-kepemimpinan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba sehingga apa yang kita harapkan di negara kita ini bisa maju dan sejahtera," paparnya.