Jumat, 19 Juni 2020 09:01

5 Destinasi Wisata Medis Populer di Malaysia

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gleneagles Hospital, salah satu rumah sakit terkenal di Kuala Lumpur.
Gleneagles Hospital, salah satu rumah sakit terkenal di Kuala Lumpur.

Industri wisata medis di Malaysia telah memberikan layanan kesehatan kepada hampir 5 juta pasien dari seluruh dunia. Malaysia pernah meraih penghargaan “Destination of the Year” selama tiga tahun bert

RAKYATKU.COM - Industri wisata medis di Malaysia telah memberikan layanan kesehatan kepada hampir 5 juta pasien dari seluruh dunia. Malaysia pernah meraih penghargaan “Destination of the Year” selama tiga tahun berturut-turut dari jurnal International Medical Tourism.  

Negeri jiran Indonesia ini memiliki lebih dari 70 institusi kesehatan swasta yang didedikasikan untuk memberikan pelayanan kesehatan berstandar internasional.

Berikut 5 destinasi wisata medis paling populer di Malaysia.

Kuala Lumpur

Ibu kota yang sering disebut KL ini populer karena fasilitas kesehatannya yang mumpuni dan atraksi wisatanya yang menarik. Akses masuk ke KL juga relatif mudah dari berbagai daerah di Indonesia.

Di KL, pasien bisa melakukan pengobatan medis seperti operasi laser untuk mata, operasi kosmetik, operasi tulang belakang, onkologi, dan penanganan masalah fertilitas. Banyak dokter senior yang praktek di rumah sakit KL dan penanganan masalah medis yang agak kompleks biasanya akan direferensikan ke sini.

Beberapa rumah sakit terkenal di KL antara lain Gleneagles Hospital, Pantai Hospital, Beacon Hospital, dan Institut Jantung Nasional (IJN). Untuk pelayanan yang eksklusif, ada rumah sakit yang menyediakan luxury suite dengan fasilitas layanan private nurse yang khusus didedikasikan untuk pasien.

Atraksi wisata KL yang populer antara lain Bangsar dan Bukit Bintang (high end shopping); Little India, China Town, dan Central Market (low end shopping), Menara Petronas, dan KL Forest EcoPark. KL juga terkenal dengan wisata kulinernya yang beragam mulai dari jajanan tepi jalan sampai ke restoran kelas atas. 

Melaka 

Melaka merupakan destinasi yang sudah dua dekade menjadi tujuan pasien asal Indonesia, yang didominasi oleh pasien asal daerah Riau dan Kepulauan Riau. Tersedianya fasilitas kesehatan berstandar internasional menjadi salah satu penyebab. Melaka juga memiliki cukup banyak atraksi wisata yang menarik bagi para wisatawan. 

Melaka memiliki beberapa rumah sakit favorit seperti Mahkota Medical Centre, Pantai Hospital Ayer Keroh, dan Putra Specialist Hospital. Selain fasilitas kesehatan canggih yang didukung oleh tenaga medis lulusan universitas terkenal di dunia, daya tarik Melaka yang lain adalah biaya berobatnya yang terjangkau.

Melaka yang dinobatkan UNESCO sebagai World Heritage Sites, memiliki cukup banyak atraksi wisata bersejarah yang bisa dikunjungi seperti Benteng A’Famosa, Christ Church, dan Stadhuys. Tempat wisata populer lain adalah Jonker Street dimana wisatawan bisa wisata kuliner sekaligus shopping. 
 

Penang

Merupakan destinasi wisata medis Malaysia yang paling terkenal di Indonesia. Akses ke Penang relatif mudah, terutama untuk warga Aceh, Medan, Jakarta, dan Surabaya karena ada penerbangan langsung.

Tim dokter di Penang terkenal profesional dan ramah. RS di Penang juga dilengkapi fasilitas canggih untuk mempercepat proses penyembuhan pasien. Institusi kesehatan di sini terkenal untuk operasi kardiologi, onkologi, fertilitas, ortopedi dan juga kosmetik.

Biaya berobat di Penang tidak berbeda jauh dengan di Indonesia. Jadi tidak mengherankan jika banyak pasien Indonesia yang memilih untuk berobat ke sini. Beberapa RS terbaik di Penang antara lain Island Hospital, Gleneagles Penang, dan Loh Guan Lye Specialist Centre.

Dari segi wisata, Penang memiliki beragam atraksi mulai dari kuil dan bangunan bersejarah, musium, kawasan hutan lindung, dan pantainya yang  indah. Tempat wisata populer di Penang antara lain Penang Hill, Kek Lo Si Temple, dan Cheong Fatt Tze Mansion. Wisata kulinernya juga sudah mendunia, dengan menu seperti Char Koay Teow, Asam Laksa, dan Tau Sar Piah.

Johor 

Letaknya yang berdekatan dengan Kepulauan Riau merupakan salah satu penyebab Johor menjadi destinasi wisata medis favorit warga Indonesia yang berdomisili di Batam, Bintan, Tanjung Pinang dan Tanjung Pandan.  Tim medis di sini juga bisa memahami Bahasa Indonesia yang tentunya memudahkan pasien asal Indonesia.

Rumah sakit di Johor didukung tenaga dan peralatan medis yang berkualitas. Faktor kepercayaan tentunya sangat vital ketika kita berbicara tentang pengobatan medis. Beberapa rumah sakit terkenal di Johor antara lain Regency Hospital, KPJ Johor, dan Gleneagles Medini. Biaya berobatnya yang terjangkau bukan hanya menjadi daya tarik pasien asal Indonesia. Pengobatan kosmetik yang bisa 65% lebih murah juga membuat Johor jadi incaran pasien asal negara maju seperti Amerika, Australia dan Eropa.
    
Untuk tempat wisata, Johor memiliki beberapa atraksi populer seperti Legoland, Johor Bahru City Square, Johor Zoo, dan Kota Tinggi Firefly Park.

Kuching

Mayoritas pasien Indonesia berasal dari Pontianak. Faktor kedekatan geografis dan biaya berobat yang terjangkau membuat warga kedua kota ini memilih untuk berobat ke Kuching. Beberapa RS yang terkenal di Kuching antara lain Timberland Medical Centre, Kuching Specalist Hospital (KPJ), dan Borneo Medical Centre.

Ukuran rumah sakit di Kuching yang relatif kecil menurut standar internasional justru menjadi kelebihannya. Pasien akan ditangani tim medis yang sama selama dalam masa pengobatan, di bawah pengawasan dokter spesialis yang dipilih sendiri oleh pasien. Kemudahan komunikasi dan akomodasi murah juga menjadi daya tarik Kuching.

Dari aspek wisata, Kuching memiliki berbagai atraksi wisata menarik seperti Cat Museum Kuching, Jong’s Crocodile Farm, Kuching Waterfront, Borneo Highlands. Jumlah wisatawan asal Indonesia yang berlibur ke Kuching merupakan yang terbesar kedua setelah Brunei Darussalam.

Demikian sekilas info 5 destinasi wisata medis populer di Malaysia. Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Medisata melalui website www.medisata.com. Medisata merupakan operator wisata medis terbesar di Indonesia yang telah berpengalaman melayani puluhan ribu pasien berobat ke Malaysia dan Singapura selama beberapa tahun terakhir.