Rabu, 17 Juni 2020 11:20

Peluit 'Pahlawan Bencana' Kapal Titanic Dijual Rp53,6 Juta

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Int
Int

Peluit milik pahlawan bencana tenggelamnya kapal RMS Titanic, akan dilelang di Inggris, bersama dengan sejumlah artefak peninggalan lainnya. Peluit ini termasuk harta benda milik Harold Lowe, salah sa

RAKYATKU.COM - Peluit milik pahlawan bencana tenggelamnya kapal RMS Titanic, akan dilelang di Inggris, bersama dengan sejumlah artefak peninggalan lainnya. Peluit ini termasuk harta benda milik Harold Lowe, salah satu awak kapal berpangkat perwira.

"Harold Lowe adalah salah satu pahlawan bencana Titanic," ujar juru lelang, Andrew Aldridge, dari rumah lelang Inggris Henry Aldridge & Son, dikutip Fox News.

Arsip lengkap terkait peluit tersebut dimiliki oleh keturunan langsung Lowe. 

Sejarah mencatat, Titanic menabrak gunung es di Samudra Atlantik pada pada 14 April 1912, dan tenggelam lebih dari dua jam kemudian. Setidaknya 1.500 orang meninggal dalam peristiwa ini. Bangkai kapal terendam di dasar laut pada kedalaman 3,8 kilometer, sekitar 563 kilometer di sebelah selatan Pulau Newfoundland.

Pada saat itu, Lowe membantu mengangkat korban selamat dari perairan es dengan kapal sekoci. Perwira yang lahir di Wales Utara tersebut diperankan oleh aktor Welsh Ioan Gruffudd dalam film 'Titanic', arahan sutradara James Cameron.

Peluit yang dimiliki Lowe memiliki ukiran namanya, yakni Lieut. HG Lowe RNR (Royal Naval Reserve). Tidak ada catatan yang menjelaskan apakah peluit itu dipakai oleh Lowe pada malam Titanic tenggelam.

 

"Tidak diketahui apakah ini peluit yang dipakai Perwira Lowe saat di Titanic, namun tidak diragukan bahwa peluit ini miliknya," ujar Aldridge.

Untuk harga pra-penjualan, peluit itu dibanderol mulai 2.526 hingga 3.788 dolar AS, atau sekitar Rp 35,7 juta hingga Rp 53,6 juta.

Barang-barang lain dalam pelelangan termasuk foto petugas di kapal penyelamat Titanic, Carpathia, yang ditandatangani oleh para petugas, serta kapten Carpathia, Arthur Rostron. Foto itu memiliki perkiraan pra-penjualan 7.578 hingga 12.628 dolar AS atau sekitar Rp 107 juta hingga Rp 178 juta. Lelang berlangsung pada 20 Juni.