Senin, 15 Juni 2020 10:02

Waspadai Dampak Pasca Banjir, Kodam XIV Hasanuddin Bentuk Posko Kesehatan di Bantaeng

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka meninjau banjir di Bantaeng.
Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka meninjau banjir di Bantaeng.

Jajaran TNI Angkatan Darat melalui Kodam XIV/Hasanuddin ikut membantu penanganan pasca banjir di Kabupaten Bantaeng. 

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Jajaran TNI Angkatan Darat melalui Kodam XIV/Hasanuddin ikut membantu penanganan pasca banjir di Kabupaten Bantaeng. 

Sebanyak satu satuan setingkat kompi (SSK) dari Batalyon Infanteri 726/Tamalatea dikerahkan untuk ikut membersihkan material bencana di titik banjir.

Panglima Kodam XIV/Hasanuddin, Mayjen Andi Sumangerukka hadir langsung di Bantaeng untuk melihat dampak banjir itu. 

Dia menyebut, pasukan dari Yonif 726 sudah melakukan aktivitasnya kemarin. 

"Selain itu, di Bantaeng ini juga ada pasukan yang bertugas untuk pra TMMD. Mereka akan bertugas di sini selama sebulan," kata dia.

Selain bantuan pasukan, Kodam XIV juga mengerahkan tenaga medis untuk membentuk posko kesehatan di beberapa titik. Posko kesehatan ini dibentuk untuk mengantisipasi dampak kesehatan setelah banjir. 

"Biasanya setelah banjir, kesehatan korban banjir mulai terganggu, makanya kita koordinasi dengan Pemkab Bantaeng untuk mengantisipasi hal ini," kata dia.

Dia juga mengaku akan mengerahkan kendaraan untuk mengangkut air bersih di titik-titik banjir. Ada pula bantuan sembako untuk warga yang membutuhkan. 

"Untuk sementara kita juga membuka dua dapur umum. Kita lihat kondisinya, jika masih dibutuhkan, kita buka lagi," jelas dia.

Dia menambahkan, bencana yang terjadi di Bantaeng ini adalah cobaan di tengah pandemi Covid-19. Dia berharap, masyarakat Bantaeng senantiasa menjaga kebersamaan dan saling bahu membahu mengatasi dampak dari banjir ini.

"Sudah saatnya kita bersama-sama mengatasi masalah ini. Mari bahu membahu karena jika kita bersama, yakinlah kita bisa melalui masalah ini bersama," kata dia.

Bantuan dari Kodam XIV/Hasanuddin ini diterima langsung Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin di posko utama penanganan banjir Bantaeng di Lamalaka. Dia mengaku, bantuan ini sangat membantu masyarakat Bantaeng yang terkena dampak.

Bupati mengatakan, TNI menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya penanganan bencana di Bantaeng. Pemerintah Kabupaten Bantaeng akan terus senantiasa berkoordinasi dengan TNI dan kepolisian untuk mengantisipasi dampak dari bencana ini.

"Kita akan terus menjalin koordinasi untuk bersama-sama menangani bencana ini," jelas dia.