Sabtu, 13 Juni 2020 23:06

Premier League Ganti Nama Punggung Pemain dengan 'Black Lives Matter'

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Premier League Ganti Nama Punggung Pemain dengan 'Black Lives Matter'

Para pemain Premier League Inggris menujukkan aksi solidaritas terhadap gerakan anti-rasisme di seluruh dunia dengan mengenakan bertuliskan 'Black Lives Matter'

RAKYATKU.COM - Para pemain Premier League Inggris menujukkan aksi solidaritas terhadap gerakan anti-rasisme di seluruh dunia dengan mengenakan kaos jersey bertuliskan 'Black Lives Matter' di punggung pemainnya ketika pertandingan dimulai kembali.

"Kami, para pemain, berjuang bersama dalam satu tujuan untuk memberantas prasangka rasial di mana pun berada, untuk mewujudkan masyarakat global yang inklusif, respek, serta kesetaraan peluang bagi semua orang, terlepas dari warna kulit atau keyakinan mereka," demikian para pemain dalam sebuah pernyataan.

"Simbol ini adalah tanda persatuan dari semua pemain, semua staf, semua klub, semua ofisial pertandingan dan Premier League #blacklivesmatter #bermain bersama."

Hal itu dilakukan di tengah protes di seluruh dunia terhadap ketidakadilan rasial setelah kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi di Minneapolis pada 25 Mei.

Beberapa klub Premier League dalam beberapa pekan terakhir telah berpose berlutut, seperti mantan gelandang NFL Colin Kaepernick yang mempopulerkan gerakan itu sebagai cara untuk memprotes masalah rasial.

"Liga mendukung keinginan para pemain untuk mengganti nama mereka dengan 'Black Lives Matter' di bagian belakang baju mereka untuk 12 pertandingan pertama musim 2019/20 yang dimulai kembali," kata demikian pernyataan Premier League.

Klub-klub Inggris juga akan mengheningkan cipta selama satu menit untuk mereka yang telah meninggal selama pandemi Covid-19.

Premier League akan dilanjutkan pada 17 Juni setelah dihentikan selama tiga bulan karena pandemi Covid-19 yang telah menyebabkan lebih dari 41.000 kematian di Inggris.

Sumber: VOA Indonesia