Rabu, 22 April 2020 21:47

Diinisiasi Gubernur Sulsel, ODP Diinapkan di Hotel Berbintang 14 Hari Gratis

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah

Pemerintah Provinsi Sulsel menyiapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri bagi warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Salah satunya Hotel Swiss-Belhotel Makassar, Jalan Ujung Pandang, Makassar.

RAKATKU.COM,MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulsel menyiapkan tempat khusus untuk isolasi mandiri bagi warga berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Salah satunya Hotel Swiss-Belhotel Makassar, Jalan Ujung Pandang, Makassar.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, Husni Thamrin menjelaskan, rencana ini diinisiasi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah. Sebagai upaya percepatan penanganan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Sulsel.

"Ini atas arahan gubernur karena melihat kasus semakin meningkat. Terus pertimbangan lain, ODP sesungguhnya adalah orang yang sudah kontak (dengan pasien positif), tapi tidak sakit. Sudah punya potensi sebagi carrier, menulari orang lain," ujar Husni, Rabu (22/4/2020).

Dia melanjutkan, mereka yang dikarantina di hotel akan diberi fasilitas yang layak. Termasuk disediakan makan dan minum selama 14 hari menjalani masa karantina. Program ini, tidak dikenakan biaya.

"Ini gratis. Mereka juga di sini terus ada pendamping. Ada juga disiapkan tenaga medis, dokter, perawat. Jadi ketika ada apa-apa segera dilayani," imbuh dia.

Selama menjalani masa karantina, mereka yang berstatus ODP akan menjalani berbagai program kesehatan. Mulai dari senam, hingga diberi materi untuk menambah pengetahuan, baik tentang kerohanian, hingga wawasan kebangsaan.

"Jadi kita buat suasana di sini enjoy. Biar mereka mereka senang, tidak stres, tidak bosan. Makanannya juga di sini perintah gubernur menurut resep ahli gizi. Jadi dengan makanan bergizi sehingga kekebalan tubuh meningkat," tukas Husni. 
 

Loading...