Selasa, 14 April 2020 18:20

Hikmah di Balik Covid-19; Mahasiswa Unhas Dapat Pulsa Rp150 Ribu, Uang Saku, dan Bebas UKT

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Direktur Komunikasi Unhas, Ir Suharman Hamzah, PhD
Direktur Komunikasi Unhas, Ir Suharman Hamzah, PhD

Ini salah satu enaknya kuliah di Unhas. Dalam kesulitan, mahasiswa masih bisa mendapat sejumlah fasilitas. Penawar derita di tengah wabah Covid-19. 

RAKYATKU.COM - Bergembira lah Anda yang kuliah di Unhas. Dalam kesulitan, mahasiswa masih bisa mendapat sejumlah fasilitas. Setidaknya jadi penawar derita di tengah wabah Covid-19. 

Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu telah menerbitkan surat edaran. Bernomor 8695/UN4.1/KP.11.03/2020 tertanggal 13 April 2020. 

Surat edaran itu terkait bantuan penyelenggaraan pembelajaran dan pelayanan di rumah sakit bagi mahasiswa Unhas. Berlaku selama masa darurat pandemi Covid-19.

Direktur Komunikasi Unhas, Ir Suharman Hamzah, PhD menjelaskan, implementasi kebijakan ini melibatkan empat komponen. Mulai Biro Administrasi Keuangan, Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, Fakultas Kedokteran, dan Biro Administrasi Akademik.

"Subsidi pulsa maupun kebijakan pembebasan UKT bagi mahasiswa yang tertunda ujian akhir, akan dikoordinasikan dengan fakultas masing-masing. Jadi, silakan mahasiswa menunggu arahan dari fakultas terkait subsidi pulsa dan pembebasan UKT," kata Suharman, Selasa (14/4/2020).

Sebelumnya, Universitas Hasanuddin telah memberikan bantuan subsidi pulsa untuk kuota internet bagi mahasiswa penerima Bidikmisi. 

"Kebijakan ini akan disesuaikan dengan perkembangan masa darurat Covid-19," tambah Suharman seperti dilaporkan Kasubdit Humas dan Informasi Publik Unhas, Ishaq Rahman AMIPR.

Berikut lima poin surat edaran rektor Unhas:

1. Mahasiswa S1 yang terdaftar dan aktif mengikuti perkuliahan dengan sistem pembelajaran daring pada semester akhir 2019/2020, diberikan bantuan biaya akses internet sebesar Rp150 ribu.

2. Dalam penyediaan layanan internet, Telkomsel dan Indosat bekerja sama dengan Unhas untuk paket data internet murah bagi mahasiswa dan dosen Unhas.  

Bagi yang ingin memanfaatkannya, silakan melakukan pendaftaran nomor Simcard pada laman https://dsti.unhas.ac.id/covid19. Pendaftaran dibuka 14-21 April 2020.

3. Selain bantuan pada point 1 dan 2 di atas, Unhas bekerja sama dengan Telkomsel dan Indosat dalam menyediakan layanan paket data Edukasi Gratis 30 GB selama 30 hari untuk akses gratis ke LMS kampus (sikola.unhas.ac.id) dan aplikasi e-learning seperti Ilmupedia, Ruangguru, Quipper, Zenius, Sekolahmu, dan Rumah Belajar.  

Mahasiswa dapat langsung mendapatkan paket data tersebut melalui aplikasi mobile penyedia internet (MyTelkomsel dan MyIM3) tanpa biaya alias gratis.

4. Universitas Hasanuddin memfasilitasi uang transpor dan uang saku, serta Alat Pelindung Diri (APD) bagi mahasiswa Program Profesi Dokter Spesialis (PPDS) yang menjadi frontliners, dan juga mahasiswa anggota Satgas Covid-19 Unhas pada posko utama di Rumah Sakit Unhas dan Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, pada masa darurat Covid-19.

5. Mahasiswa yang akan ujian skripsi, ujian akhir profesi, ujian akhir spesialis, ujian tesis, dan ujian disertasi, namun belum dapat melaksanakan ujian pada semester akhir 2019/2020, maka dilakukan ujian pada semester awal 2020/2021 dengan dibebaskan dari pembayaran UKT.