Selasa, 07 April 2020 23:54

Bupati Barru: Semua Pendatang di Barru Wajib Diindentifikasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh.
Bupati Barru, Suardi Saleh.

Bupati Barru, Suardi Saleh meminta kepada para pendatang untuk mengisolasi diri. Terutama yang baru tiba dari daerah pandemi maupun dari luar negeri, seperti TKI di Malaysia.

RAKYATKU.COM,BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh meminta kepada para pendatang untuk mengisolasi diri. Terutama yang baru tiba dari daerah pandemi maupun dari luar negeri, seperti TKI di Malaysia.

Bupati juga menyampaikan kepada setiap camat, lurah, dan kepala desa wajib memperketat wilayahnya masing-masing. Mereka diminta mendata para pendatang. Selalu aktif menyarankan tinggal di rumah atau mengisolasi diri.

"Semua pihak harus melakukan penanganan Covid-19 di wilayahnya. Memperketat orang masuk dan melaporkan diri, serta melakukan sosialisasi social distancing. Begitu pun menganjurkan kepada semua warga, jika keluar rumah, maka memakai masker," imbau Suardi Saleh dalam rapat koordinasi bersama lurah se-Kabupaten Barru, Selasa (7/4/2020).

Suardi Saleh yang didampingi Kepala Pelaksana BPBD Barru, Nasriah Madjid, dan anggota Sekretariat Gugus Tugas Penangaban Covid/19, Darwis juga menyampaikan sejumlah pengarahan lain untuk menangani wabah ini. 

Menurutnya, penanganan ini tak boleh dipandang remeh. Mengingat penyebarannya sangat cepat.

Lurah diminta selalu siaga dan aktif di wilayahnya masing-masing. Terutama tidak bosan-bosan mengingatkan warga agar tetap di rumah dan menghindari berpergian, terutama ke luar daerah. 

Apalagi, di sejumlah kabupaten/kota di Sulsel, sudah ada warga yang dinyatakan positif corona.

Pekan lalu, Suardi Saleh juga memberikan pengarahan ke seluruh kepala desa terkait penanganan Covid-19. Selain mengingatkan untuk memperketat pengawasan, ia meminta agar sebagian dana desa dialihkan melakukan penanganan sesuai instruksi pemerintah pusat.

Anggota Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid, Darwis menambahkan, khusus kepada perantau yang baru tiba di Barru, harus setiap saat diawasi atau dipantau. Terutama tidak berkeliaran dulu ke tempat-tempat umum, seperti ke pasar.

"Kalau bisa bagi yang baru datang di Barru wajib melaporkan diri ke posko gugus tugas di Jalan Sultan Hasanuddin, depan rumah jabatan bupati Barru atau ke posko screening di RSUD Barru. Atau ke pemerintah setempat," tuturnya.