Jumat, 27 Maret 2020 13:00

Siapkan 4 Sprayer Disinfektan, Tamu Danny Pomanto Harus Lalui Proses Sterilisasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pemasangan sprayer disinfektan di kediaman Danny Pomanto.
Pemasangan sprayer disinfektan di kediaman Danny Pomanto.

Jumlah pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Sulawesi Selatan semakin mengkhawatirkan. Masyarakat saat ini juga merasa was-was.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Jumlah pasien positif terjangkit virus corona (Covid-19) di Sulawesi Selatan semakin mengkhawatirkan. Masyarakat saat ini juga merasa was-was.

Olehnya, sebagian masyarakat mempunyai cara tersendiri dalam mengantisipasi pencegahan penyebaran virus corona.

Seperti halnya di kediaman pribadi Mohammad Ramdhan Pomanto, Jalan Amirullah, Makassar. Terlihat suasana berbeda dari hari-hari sebelumnya.

Setiap tamu yang hendak memasuki kediamannya, akan melalui proses sterilisasi. Mulai mencuci tangan hingga melewati sprayer disinfektan.

"Selain ada gerakan kemanusiaan DP Peduli Corona, protokol kesehatan juga tetap kita jalankan seperti sprayer (kipas angin yang mengeluarkan air) agar semua tamu yang datang bisa disterilkan," kata Danny Pomanto, Kamis (26/3/2020).

Menurut Danny Pomanto, dengan adanya kipas angin seperti itu, maka tidak perlu ada lagi bilik untuk mensterilkan setiap orang yang akan datang ke rumah DP.

"Kipas angin ini juga kita isi dengan zat disinfektan yang aman untuk manusia. Kita pasang di setiap pintu masuk," ujarnya.

Setelah dilakukan sterilisasi diri, lanjut Danny Pomanto, orang yang datang akan dipersilakan mencuci tangan memakai sabun di tempat yang telah disediakan.

"Kemudian kalau sudah selesai, kita juga di sini semua harus menjaga jarak sesuai dengan standar. Jadi semua standar-standar dalam mengantisipasi pencegahan corona sudah kita patuhi semua. Thermal gun juga kita adakan besok," ungkapnya.

Dia menambahkan ini cara membuat sterilisasi kalau tak mampu membuat aplikasi sistem yang lengkap. Dengan takaran yang sudah anjurkan bisa menjadi sterilisasi ruangan dengan menggunakan dua kipas angin membuat tubuh kita mencegah adanya virus.

"Artinya seluruh tubuh mendapatkan pelindung dari virus. Selamat mencoba, jangan berharap yang mahal-mahal, karena peralatan seadanya dapat melindungi keluarga, melindungi manusia dan orang-orang yang kita sayangi," tambahnya.

Kepala Rumah Tangga Kediaman Danny Pomanto, Ahmad mengatakan kipas angin tersebut berisi air yang dicampurkan dengan disinfektan dan antiseptik.

"Jadi siapapun yang akan masuk kita harus sterilkan dirinya dulu," terang Ahmad.

Langkah awal, kata Ahmad, empat sprayer telah dipasang di setiap pintu masuk kediaman Danny Pomanto. "Rencananya akan ada penambahan empat lagi. Jadi mungkin akan ada 8 unit kipas angin di sini," pungkasnya.

Kipas angin tersebut akan bekerja selama 24 jam atau tergantung dari kondisi tamu yang datang.