Kamis, 19 Maret 2020 06:00

Penelitian Terbaru, Virus Corona Bisa Bertahan Berjam-jam di Permukaan Benda

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penelitian Terbaru, Virus Corona Bisa Bertahan Berjam-jam di Permukaan Benda

Penelitian Terbaru, Virus Corona Bisa Bertahan Berjam-jam di Permukaan Benda

RAKYATKU.COM - Virus Corona telah meledak menjadi pandemi global. Penelitian terbaru mengungkapkan jika virus itu dapat tetap bertahan dan menular di tetesan di udara selama berjam-jam dan di permukaan hingga berhari-hari.

Para ilmuwan dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID), bagian dari Institut Kesehatan Nasional AS, berusaha meniru virus yang tersimpan dari orang yang terinfeksi ke permukaan sehari-hari di lingkungan rumah tangga atau rumah sakit, seperti melalui batuk atau menyentuh benda.

Mereka menggunakan alat untuk mengeluarkan aerosol yang menggandakan tetesan mikroskopis yang dibuat dalam batuk atau bersin, dikutip dari Asia One, Kamis (19/2/2020).

Para ilmuwan kemudian menyelidiki berapa lama virus tetap menular di permukaan ini, menurut penelitian yang muncul online di New England Journal of Medicine pada hari Selasa (17 Maret) - hari di mana US-19 kasus AS melonjak melewati 5.200 dan kematian mendekati 100.

Tes menunjukkan bahwa ketika virus dibawa oleh tetesan yang dilepaskan ketika seseorang batuk atau bersin, virus itu tetap dapat hidup, atau masih dapat menginfeksi manusia, dalam aerosol setidaknya selama tiga jam.

Pada plastik dan stainless steel, virus yang layak dapat dideteksi setelah tiga hari.

Di atas kertas, virus itu tidak dapat hidup setelah 24 jam. Pada tembaga, butuh empat jam bagi virus untuk menjadi tidak aktif.

Dalam hal waktu paruh, tim peneliti menemukan bahwa dibutuhkan sekitar 66 menit untuk setengah partikel virus kehilangan fungsi jika mereka berada di tetesan aerosol.

Itu berarti bahwa setelah satu jam dan enam menit berikutnya, tiga perempat partikel virus pada dasarnya tidak aktif tetapi 25 persen masih dapat hidup.

Jumlah virus yang hidup pada akhir jam ketiga akan turun menjadi 12,5 persen, menurut penelitian yang dipimpin oleh Neeltje van Doremalen dari fasilitas Montana NIAID di Rocky Mountain Laboratories.

Pada stainless steel, dibutuhkan lima jam 38 menit untuk setengah dari partikel virus menjadi tidak aktif. Pada plastik, waktu paruh adalah enam jam 49 menit, para peneliti menemukan.

Di atas kertas karton, waktu paruh adalah sekitar tiga setengah jam, tetapi para peneliti mengatakan ada banyak variabilitas dalam hasil itu "jadi kami menyarankan agar berhati-hati" dalam menafsirkan angka itu.

Waktu bertahan hidup terpendek adalah pada tembaga, di mana setengah virus menjadi tidak aktif dalam waktu 46 menit.