Minggu, 15 Maret 2020 05:00

Positif Virus Corona, Menhub Sempat Berkelakar Kebal karena Nasi Kucing

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Toraja akhir Februari 2020.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Toraja akhir Februari 2020.

Senin, 17 Februari 2020. Di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berdiri di atas podium.

RAKYATKU.COM - Senin, 17 Februari 2020. Di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi berdiri di atas podium.

Dia tampil membawakan orasi ilmiah. Acara itu memperingati Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74. Senin itu, Indonesia masih jauh dari virus corona atau COVID-19.

Dengan nada bercanda, Menhub menyebut masyarakat Indonesia memiliki kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh itu dimiliki lantaran setiap hari gemar makan nasi kucing.

"Tapi (ini) guyonan sama Pak Presiden ya. Insya Allah ya, (virus) COVID-19 tidak masuk ke Indonesia karena setiap hari kita makan nasi kucing. Jadi kebal," seloroh Budi Karya Sumadi yang disambut tawa hadirin.

Nasi kucing adalah nasi dengan porsi kecil dan lauk yang sangat sederhana seperti sambal ikan teri, telur, tempe dan beragam variasi lainnya. Nasi yang biasa dibungkus dengan daun pisang ini populer di Yogyakarta, Surakarta, dan Semarang.

 

Sebelumnya, Medical Officer dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk wilayah Indonesia Vinod Kumar Bura mengatakan Indonesia mampu mendeteksi virus novel COVID-19 2019 dengan fasilitas yang memadai dan sesuai dengan standar WHO.

"Mereka (Kementerian Kesehatan RI) baru saja menguji semua spesimen dari 60 kasus dalam beberapa minggu terakhir dan telah mengonfirmasi bahwa tidak satu pun dari kasus itu positif virus corona. Kami sepenuhnya yakin bahwa laboratorium ini mampu untuk mendeteksi virus COVID-19 ini," terang Vinod di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan usai mengunjungi fasilitas deteksi virus di kantor badan itu di Jakarta.

Belakangan diketahui, Menhub Budi Karya Sumadi positif virus corona. Yang mendebarkan, dia sempat melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah. Termasuk ke wilayah Sulawesi Selatan.

Menhub tercatattiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, pada Jumat (28/2/2020) pada pukul 10.45. Dijemput gubernur, Menhub melakukan peninjauan progres pekerjaan Bandara Baru Tana Toraja. 

Menhub juga meninjau Bandara Udara Lagaligo Bua. Lalu, melakukan rapat pembahasan yentang progres pengadaan lahan jalur kereta api Makassar-Parepare. Dilanjutkan makan malam bersama di rumah jabatan gubernur Sulsel di Makassar.

Pada Sabtu (29/2/2020), Menhub sempat melakukan kunjungan ke Pangkep. Meninjau pekerjaan jalur kereta api Maros-Parepare di wilayah Kabupaten Pangkep.