Jumat, 13 Maret 2020 19:48

Geliat Kelurahan/Desa di Barru Deklarasi ODF

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Geliat Kelurahan/Desa di Barru Deklarasi ODF

Langkah yang patut ditiru oleh daerah lain kembali ditunjukkan Kabupaten Barru dalam menjaga kebersihan lingkungan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Langkah yang patut ditiru oleh daerah lain kembali ditunjukkan Kabupaten Barru dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Pasca-Ketua Kabupaten Sehat Barru, Hasnah Syam menerbitkan surat himbauan yang berisi  tentang pencapaian desa/kelurahan Open Defecation Free (ODF) dan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS), berbagai elemen masyarakat berlomba-lomba mewujudkan itu.

Di Kecamatan Barru misalnya, sudah tercatat delapan kelurahan/desa yang sudah layak mendeklarasikan ODF. Terbaru dijalankan Kelurahan Coppo, Jumat (13/3/2020).

Di deklarasi yang digelar di aula kantor kelurahan Cappo, Ketua Kabupaten/Kota Sehat Barru, Hasnah Syam, dan Plh Sekda Barru, Abustan, hadir langsung berbaur dengan berbagai elemen masyarakat.

Deklarasi ODF merupakan kelurahan/desa yang masyarakatnya telah bebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Kelurahan Coppo telah diverifikasi ODF oleh tim verifikator kabupaten yang bersinergi dengan pihak kecamatan dengan cara mengunjungi langsung rumah warga untuk meninjau lokasi jamban.

 

Bukan hal mudah mendapatkan status Kelurahan ODF. Mengingat, Kecamatan Barru yang juga Ibu Kota Barru memiliki lokasi pemukiman yang tergolong padat dibandingkan kecamatan lainnya di Barru.

"Saat ini, sudah 80%  capaian kelurahan/desa di Kecamatan Barru yang telah ODF. Pekan depan, InsyaAllah kita akan lakukan verifikasi lagi untuk memastikan di Mei 2020 ini, Kecamatan Barru sudah ODF 100%,” kata Camat Barru, Andi Hilmanida di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, pihaknya masih butuh kerja keras untuk melakukan sosialisasi dan kerjasama semua pihak untuk Stop BABS, sekaligus mempertahankan status ODF bagi kelurahan desa yang sudah deklarasi.

Menurutnya, merubah kesadaran dan perilaku Buang Air Besar Sembarangan bukanlah hal yang mudah. Meski demikian, bersama berbagai elemen, pihaknya akan terus menyosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Sementara itu, Ketua Forum Kabupaten Sehat, Hasnah Syam, menghimbau kepada semua elemen masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan, terutama terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan (BABS) menuju Kabupaten ODF 100%.

"Salah satu fokus utama semua desa adalah,
stop BABS. Kita harapkan Barru bisa menjadi kabupaten ODF 100%,” harap Hasnah Syam yang tahun lalu sukses berkonstribusi menjadikan Barru sebagai salah satu kabupaten/kota sehat di Indonesia.

Selain di Kecamatan Barru, beberapa desa/kelurahan di kecamatan lain juga menunjukkan komitmen untuk sosialisasi stop BABS. Seperti di Kecamatan Pujananting.

Sekadar diketahui, kelurahan/desa ODF juga bagian dalam mendukung RPJMD, RPJMN, dan Sustainable Development Goals (SDGs) yang isinya adalah himbauan disertai gambar teknis cara membangun tangki septik sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI) atau Tangki Septik.