Rabu, 11 Maret 2020 21:00

SMK Farmasi Yamasi Makassar Satu-satunya LSP-P1 Kesehatan Bidang Farmasi di Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala SMK Farmasi Yamasi, Amiruddin (kiri).
Kepala SMK Farmasi Yamasi, Amiruddin (kiri).

Sulawesi Selatan sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1). SMK Farmasi Yamasi Makassar adalah satu-satunya di daerah ini. Khususnya pada bidang farmasi.

RAKYATKU.COM - Sulawesi Selatan sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP-P1). SMK Farmasi Yamasi Makassar adalah satu-satunya di daerah ini. Khususnya pada bidang farmasi.

LSP-P1 berfungsi sebagai lembaga yang memastikan kompetensi dengan menyediakan pendidikan vokasi atau pekerjaan yang berdasarkan kualifikasi atau keahlian. LSP-P1 berhak menggelar uji kompetensi.

Uji kompetensi perdana LSP-P1 di SMK Farmasi Yamasi Makassar berlangsung, Sabtu (29/2/2020). Disaksikan langsung Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Istilahnya witness atau penyaksian. 

Hadir Ketua tim asesor dari BNSP, Hasnawati dan anggota, Nova Angraeni. Mereka didampingi Kepala SMK Farmasi Yamasi Makassar, Amiruddin yang sekaligus menjadi penanggung jawab.

Hadir pula Ketua LSP-P1, Muhammad Tahir, enam orang asesor internal, para pengurus dan guru produktif, serta tidak ketinggalan Ketua Yayasan Ma'bulo Sibatang (Yamasi), Soleh bin Said. 

Kegiatan ini dilaksanakan hanya sekali oleh BNSP. Tujuannya, meninjau dan menilai proses pelaksanaan uji kompetensi LSP-P1. Apakah sudah sesuai dengan standar operasional prosedur atau tidak. 

"Jika BNSP menilai proses uji kompetensi yang dilaksanakan LSP-P1 sudah sesuai, maka lisensi yang diberikan akan segera diresmikan. Oleh karena itu, witness ini merupakan tahapan terakhir dari proses lisensi," ujar Amiruddin.

Sebelum kunjungan ini, banyak persiapan yang dilakukan pengurus. Mulai dokumen, kemudian diuji coba lalu diadakan full accessment. 

"Setelah itu baru keluar lisensi LSP sehingga barulah adanya kunjungan witness ini," lanjut Amiruddin. 

Pada witness lalu, BNSP memeriksa kantor LSP-P1, tempat pengujian di apotek simulasi, dan beberapa ruangan sebagai tempat uji kompetensi.

SMK Farmasi Yamasi diharapkan menjadi lembaga sertifikasi yang hebat dan dapat dipercaya. Bisa mempersiapkan ataupun mencetak peserta didik yang siap bekerja secara profesional.

SMK Farmasi Yamasi marupakan SMK Farmasi tertua di Indonesia timur.

"Dengan keluarnya lisensi dari BNSP, maka saat ini SMK Farmasi Yamasi Makassar menjadi satu-satunya LSP-P1 kesehatan bidang farmasi yang ada di Sulawesi Selatan," katanya.