Rabu, 11 Maret 2020 07:00

Pakar Sebut Jumlah Kasus Virus Corona di Iran Bisa Sampai Jutaan

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pakar Sebut Jumlah Kasus Virus Corona di Iran Bisa Sampai Jutaan

Kasus-kasus virus korona yang mematikan di Iran cenderung ratusan kali lebih besar dari yang diklaim pemerintah, seorang pakar telah memperingatkan.

RAKYATKU.COM - Kasus-kasus virus korona yang mematikan di Iran cenderung ratusan kali lebih besar dari yang diklaim pemerintah, seorang pakar telah memperingatkan.

Pihak berwenang di republik Islam itu mengatakan jumlah total kasus di negara itu adalah 6.556, dikutip dari Daily Star, Rabu (11/3/2020).

Tetapi penulis Graeme Wood berpendapat bahwa jumlah pejabat pemerintah yang jatuh sakit karena virus seperti flu mengindikasikan bahwa angka sebenarnya kemungkinan mencapai jutaan.

Dia juga memperingatkan bahwa meskipun penyakit "dimulai di China ," itu dalam bahaya menjadi "akhirnya dan tidak dapat dibatalkan di Iran".

Sejauh ini, Iran berada di posisi ketiga dalam hal jumlah kasus yang dikonfirmasi, di belakang China, yang memiliki sekitar 80.000, dan Korea Selatan, yang memiliki lebih dari 7.000.

Menulis di The Atlantic, Graeme mengatakan: "Angka resmi Iran hampir pasti merupakan jumlah yang kurang, mungkin karena upaya pemerintah Iran untuk menyembunyikan situasi yang menyedihkan yang menjadi tanggung jawab sebagiannya."

Dia mengatakan bahwa tanda peringatan pertama datang bulan lalu ketika salah satu wakil presiden negara itu Masoumeh Ebtekar mengumumkan dia terkena virus.