Rabu, 11 Maret 2020 01:00

Penjaga Batas India-Tibet Pakai Kostum Beruang Hadapi Serangan Monyet Liar

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penjaga Batas India-Tibet Pakai Kostum Beruang Hadapi Serangan Monyet Liar

Penjaga perbatasan India telah mengambil langkah untuk mencegah gerombolan kera mengamuk. Satu di antaranya dengan berpakaian seperti beruang untuk menakut-nakuti primata liar.

RAKYATKU.COM - Penjaga perbatasan India telah mengambil langkah untuk mencegah gerombolan kera mengamuk. Satu di antaranya dengan berpakaian seperti beruang untuk menakut-nakuti primata liar.

Video menunjukkan para pejabat di kamp ITBP Mirthi di perbatasan dengan Tibet telah mengenakan kostum beruang hitam dalam upaya mencegah gerombolan kera mendekat, dikutip dari Daily Star, Rabu (11/3/2020).

Klip berdurasi dua menit itu memperlihatkan dua penjaga muncul dari sebuah stasiun dengan mengenakan bodysuit hitam berbulu. Sebelum menyelinap menuruni bukit ketika sekitar selusin kera melarikan diri ke hutan terdekat.

Stasiun di provinsi Uttarakhand Timur India telah dibanjiri oleh hama dan membuat hal itu menjadi masalah nasional.

Bandara, kantor birokrasi, pangkalan militer, tempat pemujaan keagamaan dan bahkan seluruh desa telah dibanjiri oleh primata liar itu. 

Beberapa departemen telah menemukan solusi mengatasi hal itu. Yakni dengan dengan percobaan beruang yang dilakukan di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel di Ahmedabad dan terbukti berhasil.

Namun, beberapa tidak percaya taktik itu akan bertahan lama.

Meskipun ada langkah untuk mengekang populasi monyet melalui program sterilisasi nasional, masalah tampaknya tidak akan hilang. Dan monyet menjadi semakin berani, terutama di sekitar sumber makanan.

Diperkirakan ada lebih dari 2 juta hama yang berkeliaran di tanah itu. Dalam beberapa kasus, monyet bahkan berubah menjadi pembunuh. Seorang bayi laki-laki meninggal setelah seekor monyet menjatuhkan batu di kepalanya November lalu.