Minggu, 08 Maret 2020 09:58

Hanya Hitungan Detik, PNS Ini Tertular Virus Corona di Dalam Lift

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Wanita usia 40 tahun dari Korea Selatan didiagnosis positif virus corona Covid-19. Dia diduga tertular usai menggunakan lift yang sama dengan pasien terinfeksi.

RAKYATKU.COM - Wanita usia 40 tahun dari Korea Selatan didiagnosis positif virus corona Covid-19. Dia diduga tertular usai menggunakan lift yang sama dengan pasien terinfeksi.

Laporan Oriental Daily menyebutkan, wanita itu merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di Seongdong-gu, Seoul. Dia berpapasan dengan pasien yang positif di tempat tinggalnya saat menggunakan lift. 

"Mengejutkan karena wanita tersebut berada di dalam lift bersama pasien positif kurang dari semenit. Saat itu keduanya tidak ada yang mengenakan masker," demikian dikutip situs tersebut.

Choi Jae-wook, presiden Asosiasi Medis Korea mengatakan, ruang dalam lift sangat sempit dan menyulitkan untuk menjaga jarak aman lebih dari dua meter. Makanya, virus dapat ditularkan melalui tetesan kecil di udara atau melalui kontak dengan tombol lift.

Itulah penyebab betapa penting bagi untuk tidak menyentuh tombol elevator karena mungkin permukaannya paling banyak disentuh. 

Selalu ingat untuk sering mencuci tangan dengan sabun dan air dan jangan menyentuh wajah saat berada di tempat umum.

Saat ini kasus Covid-19 di Korea Selatan telah menyentuh angka 6.767. Pemerintah Korea Selatan telah menyerukan perang dengan virus corona usai masyarakat yang terinfeksi di sana bisa mencapai 100 orang per harinya.