Kamis, 05 Maret 2020 02:00

Dokter Selamatkan Pasien dengan 15 Kaleng Bir

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dokter Selamatkan Pasien dengan 15 Kaleng Bir

Seorang pria yang memiliki batas alkohol dalam darah 1.119 kali lebih tinggi dari seharusnya diselamatkan oleh dokter yang memberinya 15 kaleng bir.

RAKYATKU.COM - Seorang pria yang memiliki batas alkohol dalam darah 1.119 kali lebih tinggi dari seharusnya diselamatkan oleh dokter yang memberinya 15 kaleng bir.

Petugas medis di Rumah Sakit Umum di Quang Tri, Vietnam, menyelamatkan nyawa Nguyen Van Nhat yang berusia 48 tahun dengan memberikan bir ke perutnya, dikutip dari Daily Star, Kamis (5/3/2020).

Dokter di Unit Perawatan segera mentransfusikan tiga kaleng, atau satu liter, bir ke perut Mr Nhat untuk memperlambat proses metanol hatinya.

Satu kaleng bir kemudian diberikan kepadanya setiap jam selama dua belas jam sampai Mr Nhat sadar.

Mr Nhat memiliki 1.119 kali tingkat metanol yang direkomendasikan dalam sistemnya dan akan mati jika bukan karena perawatan yang tidak konvensional.

Etanol umumnya ditemukan dalam bir, anggur, dan alkohol, dan dalam dosis kecil membuat seseorang mabuk.

Tetapi Tuan Nhat memiliki Methanol dalam sistemnya, bahan kimia yang sering dibuat ketika membuat arwah rumahan.

Metanol jauh lebih berbahaya daripada etanol, dan dapat menyebabkan kebutaan atau bahkan kematian, ketika dikonsumsi dalam dosis besar atau kecil.

Setelah Nhat berhenti minum, metanol terus dilepaskan ke aliran darahnya, menyebabkan kadar alkohol dalam darahnya terus meningkat.

Dokter memasukkan bir ke sistem Mr Nhat karena tubuh memprioritaskan memecah etanol daripada metanol.

Prosedur ini memperlambat efek toksik metanol dan memberi dokter waktu untuk melakukan dialisis sebelum Nhat menderita efek lebih lanjut dari keracunan alkohol.