Rabu, 04 Maret 2020 06:00

Semakin Banyak Makan Gula, Semakin Sedikit Vitamin yang Dikonsumsi

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Semakin Banyak Makan Gula, Semakin Sedikit Vitamin yang Dikonsumsi

Penelitian di Eropa baru-baru ini menemukan bahwa semakin banyak gula yang kita makan, semakin sedikit vitamin dan mineral yang kita konsumsi dalam makanan sehari-hari.

RAKYATKU.COM - Penelitian di Eropa baru-baru ini menemukan bahwa semakin banyak gula yang kita makan, semakin sedikit vitamin dan mineral yang kita konsumsi dalam makanan sehari-hari.

Para peneliti di Lund University di Swedia menggelar studi baru untuk melihat data yang dikumpulkan dari dua kelompok studi yang berbeda, dikutip dari Asia One, Rabu (4/3/2020).

Satu kelompok memiliki 1.797 peserta berusia 18 hingga 80 tahun, yang asupan makanan mereka dinilai melalui buku harian makanan empat hari.

Lainnya memiliki 12.238 peserta berusia 45 hingga 68 tahun, yang diet mereka dinilai menggunakan kombinasi buku harian makanan tujuh hari, kuesioner frekuensi makanan dan wawancara.

Dari data ini, para peneliti dapat melihat asupan gula tambahan yang ditambahkan peserta - gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman selama pemrosesan, bukan gula yang ada secara alami dalam buah, sayuran atau susu - dan asupan harian rata-rata sembilan mikronutrien: kalsium, folat, zat besi, magnesium, kalium, selenium, vitamin C, vitamin D dan seng.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition & Metabolism, menunjukkan bahwa pada kedua kelompok partisipan, semakin tinggi asupan gula tambahan, semakin rendah asupan kesembilan vitamin dan mineral.

Meskipun makan terlalu banyak gula telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit dan masalah kesehatan, termasuk kesehatan gigi yang buruk, obesitas, diabetes dan penyakit kardiovaskular, jumlah harian yang disarankan untuk asupan gula masih bervariasi dari satu negara ke negara lain.