Rabu, 04 Maret 2020 03:00

Bill Gates Minta Negara Kaya Bantu Penanganan Virus Corona

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bill Gates Minta Negara Kaya Bantu Penanganan Virus Corona

Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates mendesak negara-negara kaya untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memperkuat sistem kesehatan mereka. Dengan harapan memperlamba

RAKYATKU.COM - Salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates mendesak negara-negara kaya untuk membantu negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memperkuat sistem kesehatan mereka. Dengan harapan memperlambat penyebaran virus corona.

Menurutnya, virus corona mulai berperilaku seperti patogen yang muncul satu kali dalam satu abad, dikutip dari Asia One, Rabu (4/3/2020).

"Dengan membantu negara-negara di Afrika dan Asia Selatan bersiap-siap sekarang, kita dapat menyelamatkan nyawa dan juga memperlambat sirkulasi global virus ini," tulis mantan ketua dan kepala eksekutif Microsoft Corp ini dalam editorial di The New England Journal Of Medicine.

Novel coronavirus yang pertama kali muncul di Tiongkok dan kini telah menyebar ke 46 negara jauh lebih sulit untuk dihentikan daripada virus serupa yang menyebabkan Sindrom Pernafasan Timur Tengah (MERS) atau Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS), tulis Gates.

Yayasan Bill dan Melinda Gates telah menjanjikan US $ 100 juta (S $ 140 juta) untuk melawan wabah tersebut.

Permohonan Gates digemakan pada 28 Februari oleh Organisasi Kesehatan Dunia, yang mengatakan risikonya sangat tinggi bahwa virus itu akan menyebar dan memiliki dampak global.

WHO meminta pemerintah untuk segera bertindak untuk mengendalikan virus sebelum menyebar luas. Tindakan semacam itu dapat memperlambat virus, memberi negara lebih banyak waktu untuk bersiap, kata para pejabat.