Jumat, 28 Februari 2020 20:52

Internet Desa Terus Berlanjut, Kominfo Sinjai Gagas Layanan Aduan Berbasis Online

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Internet Desa Terus Berlanjut, Kominfo Sinjai Gagas Layanan Aduan Berbasis Online

Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib sedang duduk mengenakan batik kuning bermotif. Di sampingnya, orang nomor 1 di Sinjai dengan berbicara memegang mic menghadap tamu undangan.

RAKYATKU.COM, SINJAI - Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Irwan Suaib sedang duduk mengenakan batik kuning bermotif. Di sampingnya, orang nomor 1 di Sinjai dengan berbicara memegang mic menghadap tamu undangan.

Saat itu, Irwan dan Andi Seto Asapa sedang membahas pengembangan sistem informastika di Butta Panrita Kitta, julukan Sinjai.

Kata Irwan, Pemerintah Kabupaten Sinjai sedang menerapkan program Smart Kampung pada 2020, yang merupakan salah satu program unggulan yang tertuang dalam visi dan misi Pemkab Sinjai.

Program Smart Kampung yang merupakan salah satu inovasi dari Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai ini, bakal mensinkronisasikan data administrasi desa, kecamatan hingga ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Inovasi ini kata Irwan, bukan hanya menyediakan jaringan internet di seluruh desa, akan tetapi ada jaringan intranet yang terkoneksi ke sistem lintas sektoral.

“Nantinya Ada jaringan internet dan intranet di Sinjai yang menghubungkan desa/kelurahan, kecamatan, dan dinas/badan sehingga terjadi sinkronisasi data yang pada akhirnya muncul satu data,” ujarnya.

Selain itu penyediaan akses Internet gratis di ruang Publik yang saat ini telah terpasang dibeberapa titik, seperti Obyek Wisata Batu Pake Gojeng, Taman Karampuang, Taman Topekkong dan ruang publik lainnya melalui bidang E-Government.

“Saat ini sudah ada 47 Desa yang sudah terpasang jaringan internet dalam rangka mendukung program Smart Kampung, 7 diantaranya tahun ini dan 40 titik atau desa di Kabupaten Sinjai melalui bantuan Bakti Kominfo," kata dia.

Mantan Sekretaris Dinkes Sinjai ini, berharap bantuan fasilitas layanan akses internet gratis ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh masyarakat. terutama kalangan pelajar dalam mendapatkan informasi.

Inovasi selanjutnya, kata Irwan dalam mendukung program Smart kampung Sinjai adalah Pelayanan Pengaduan Masyarakat Sinjai berbasis online yang diberi nama ‘Sipakainge’.

Aplikasi tersebut di Launching oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) pada pembukaan Sinjai Fest & Expo 2020, yang diharapkan dapat menjawab dengan cepat aduan masyarakat, dan melakukan tindakan dari laporan dengan cepat dan tuntas.

Hal ini juga sebagai wujud komitmen kepedulian dan kepekaan Pemerintah dalam merespon keluhan masyarakat terhadap pelayanan publik.

“Aplikasi ini tujuannya untuk layanan pengaduan masyarakat yang menangani masalah sampah dan lampu jalan. Aplikasi dengan platform Android ini, membantu OPD terkait dalam menangani sejumlah permasalahan di wilayah kerjanya”, ujarnya.

Program lainnya, di Diskominfo dan Persandian Sinjai di bidang Informasi Komunikasi Publik diantaranya, pengelolaan Website Pemerintah Kabupaten Sinjai, peliputan dan pers realese kegiatan Pemerintah Kabupaten Sinjai serta Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat.