Senin, 24 Februari 2020 05:30

Canggih, Mobil Ini Bisa Deteksi Narkoba dan Bahan Peledak yang Dibawa Orang Lain

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Canggih, Mobil Ini Bisa Deteksi Narkoba dan Bahan Peledak yang Dibawa Orang Lain

Uni Emirat Arab (UEA) selangkah lebih maju. Negara itu segera meluncurkan mobil canggih.

RAKYATKU.COM - Uni Emirat Arab (UEA) selangkah lebih maju. Negara itu segera meluncurkan mobil canggih.

Mobil van itu bisa mendeteksi narkoba. Juga bahan peledak dan zat terlarang lainnya pada orang yang bergerak di jalan raya.

Rencananya mulai beroperasi pada 26 Februari.

Van yang dilengkapi detektor logam dan bagasi khusus, dapat mendeteksi zat dan obat-obatan ilegal yang dibawa penyelundup. Terlepas di mana mereka berada di dalam negeri.

Van ini dilengkapi dengan pemindai tubuh dan bagasi yang canggih.

Mobil itu dipamerkan di Unmanned Systems Exhibition and Conference (UMEX) yang sedang berlangsung di Pusat Pameran Nasional Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

 

Mustafa Amin, pejabat senior pemantauan di otoritas tersebut, mengatakan, "Mobil ini akan beroperasi mulai 26 Februari, setelah pameran berakhir. Akan dikirim ke lokasi yang berbeda. Termasuk bea cukai setempat dan titik pemeriksaan perbatasan negara kapan dan di mana diperlukan."

Dia berkata, "Van itu dilengkapi dengan pemindai tubuh, pemindai bagasi konvensional, dan obat-obatan serta unit pendeteksi ledakan, selain mata uang palsu dan pendeteksi dokumen." 

Kendaraan ini mampu mendeteksi komponen radiasi dan bahan kimia.

“Akhir-akhir ini, ini adalah van inspeksi seluler pertama yang kami miliki dan perbatasan adalah target pertama kami, tetapi akan dikirim ke mana pun kami membutuhkannya. Kami memilih sebuah van kecil sehingga dapat mengakses semua jenis tempat dan tempat," kata Amin.

Sharjah Customs juga memamerkan mesin pendeteksi radiasi jenis pertama di stan FCA di Umex di Abu Dhabi. Itu dapat memeriksa semua jenis radiasi alami, kimia, biologis dan lingkungan melalui gadget kecil.

Dikutip dari Gulf News, Abdullah Al Shamsi, asisten senior petugas pelanggan di Pelabuhan dan Bea Cukai Sharjah, mengatakan, mesin ini dapat secara akurat mengetahui jenis radiasi. 

"Kita bisa mengetahui apakah radiasi itu bersifat biologis atau kimia dan mengambil tindakan yang sesuai," katanya.