Jumat, 21 Februari 2020 07:30

Beda dengan Indonesia, Muslim di Negara Ini Mendaftar Haji Lewat Aplikasi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kawasan Masjidilharam di Mekah
Kawasan Masjidilharam di Mekah

Muslim Indonesia harus menunggu 40 tahun untuk menunaikan haji. Terhitung sejak mendaftar. Itu terjadi di beberapa daerah. Yang daftar tunggunya mengular.

RAKYATKU.COM - Muslim Indonesia harus menunggu 40 tahun untuk menunaikan haji. Terhitung sejak mendaftar. Itu terjadi di beberapa daerah. Yang daftar tunggunya mengular.

Beda dengan Indonesia yang ribet, pendaftaran haji di Uni Emirat Arab jauh lebih santai. Pendaftaran dilakukan melalui aplikasi. Dibuka mulai Minggu (23/2/2020).

Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Wakaf di Abu Dhabi telah mengumumkan bahwa mereka telah secara resmi membuka pendaftaran. Bagi mereka yang ingin melakukan ibadah haji musim ini. 

Pendaftaran dapat dilakukan melalui aplikasi otoritas "Awqaf UAE". Aplikasi ini dapat ditemukan di aplikasi iOS dan Android dan play store. 

Pendaftaran dibuka mulai 23 Februari hingga 12 Maret 2020.

Musim haji diperkirakan akan jatuh pada 28 Juli hingga 2 Agustus 2020. Tanggal-tanggal ini dapat bervariasi dan dapat dikonfirmasi lebih dekat dengan kesempatan tersebut.

 

Selama haji tahun lalu, pemerintah Saudi mengumumkan bahwa total dua juta jemaah haji mengunjungi Mekah.

Pada tahun 2012, jumlah orang yang hadir telah meningkat menjadi lebih dari 3,1 juta.

Fakta itu mendorong pemerintah Saudi untuk membuat kuota untuk setiap negara. Dihitung berdasarkan populasi Muslim setiap negara. Tujuannya  untuk mengelola keselamatan jemaah dengan lebih baik.