Jumat, 21 Februari 2020 02:00

Tips Agar Kendaraan Bisa Hemat Bahan Bakar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Cara berkendara bisa jadi salah satu alasan mengapa bahan bakar motor boros. Bahan bakar motor akan cepat habis ketika cara bekendaranya asal-asalan. 

RAKYATKU.COM - Cara berkendara bisa jadi salah satu alasan mengapa bahan bakar motor boros. Bahan bakar motor akan cepat habis ketika cara bekendaranya asal-asalan. 

Makanya, cara berkendara yang baik harus diperhatikan. Berikut beberapa cara berkendara untuk menghemat bahan bakar motor Anda, seperti dikutip laman Queenrides, Kamis (20/2/2020).

1. Panaskan Mesin Cukup 3-5 Menit
Jangan terlalu lama memanaskan mesin motor, cukup 3-5 menit saja. Waktu tersebut sudah cukup untuk membuat oli bersirkulasi ke semua bagian mesin motor.

2. Jangan Main Gas
Kurangi kebiasaan main gas saat berkendara motor. Untuk menghemat bahan bakar, cobalah melakukan stop and go buka tutup gas dengan halus.

3. Jangan Biarkan Ban Kempis
Jangan biarkan tekanan ban kempis, pasalnya tekanan angin yang kurang juga dapat menyedot bahan bakar yang lebih banyak dari seharusnya.

Saat kempis, tapak ban yang menempel di tanah jadi lebih banyak sehingga menimbulkan tahanan lebih besar pula di gerakan. Otomatis, daya atau tenaga yang dibutuhkan juga menjadi lebih besar.

4. Matikan Mesin Motor saat Berhenti
Untuk motor yang belum menggunakan teknologi Idling Stop System (ISS), sebaiknya matikan mesin motor ketika berhenti sebentar di lampu merah atau mengantre di pom bensin. Tujuannya, tentu agar bahan bakar tak terbuang percuma.