Kamis, 20 Februari 2020 14:13

Cara Mudah Manajemen Data dari iOS ke Komputer

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Saat memori ponsel telah mencapai kapasitasnya, memindahkan data merupakan salah satu pilihan yang bijak dilakukan.

RAKYATKU.COM - Saat memori ponsel telah mencapai kapasitasnya, memindahkan data merupakan salah satu pilihan yang bijak dilakukan. Selain membuat data-data tetap aman, sistem smartphone juga tidak akan lemot.

Namun sayangnya, memindahkan data juga bukan perkara gampang. Apalagi smartphone yang dimiliki berbasis iOS atau brand Apple. Ada peraturan tersendiri yang perlu dilakukan.

Jika mem-back up data dari Android hanya perlu copy paste ke komputer. Namun lain dengan iPhone, perlu masuk iTunes atau iCloud terlebih dahulu sebelum melakukannya.

Cukup merepotkan, namun back up data penting dilakukan. Berikut akan diberikan tips untuk mempermudah back up data dari iPhone ke komputer, baik yang Windows atau Mac.

Back up data Melalui iTunes dan iCloud
Asalkan memiliki koneksi internet, backup data baik dengan memanfaatkan iCloud ataupun iTunes sama mudahnya. Bagi yang ingin melakukan pencadangan perangkat lewat iCloud, inilah tahap-tahapannya.

iPhone dengan iOS 8 langsung masuk ‘pengaturan’, kemudian iCloud lalu pilih ‘cadangan’. Bagi iPhone Ios 7 langkah-langkahnya juga tidak jauh beda, ‘pengaturan’ lalu ‘iCloud’ kemudian ambil ‘penyimpanan & cadangan’.

 

Tekan menu cadangkan sekarang dan pastikan iPhone tetap terkoneksi dengan internet sampai backup selesai.

Kemudian bagi yang ingin backup di iTunes berikut ini step-step yang perlu dilakukan.

-Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka iTunes di komputer
-Sambungkan komputer ke iPhone dengan kabel data
-Klik ‘file’ lalu ‘perangkat’ dan klik ‘cadangkan’ tunggu backup selesai
-Guna memastikan file yang diinginkan terbackup dengan baik, klik menu ‘preferensi’ di iTunes dan klik ‘perangkat’.

Back up data begitu penting dilakukan secara rutin. Apalagi jika memiliki berbagai file-file penting di dalam iPhone. Lakukan semuanya secara berkala supaya tidak ada satu pun file yang tertinggal dan terhapus sia-sia.

Tips Mengatur Data dengan Lebih Baik di iPhone
Setelah membackup data atau file dengan baik, tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengatur supaya lebih tertata dengan baik. Ponsel akan lebih ringan dan sistemnya berjalan dengan cepat.

Inilah tips-tips yang perlu dilakukan untuk mengatur berbagai file dengan lebih baik.
-Hapus file-file yang tidak diinginkan di iPhone/iPad melalui komputer
-Pindahkan file-file ke iCloud yang menawarkan penyimpanan besar mencapai 2 TB, 5 GB pertama gratis.
-Hapus cache lewat setting, pilih aplikasi mana yang tidak berguna
-Bisa juga menghapus cache lewat aplikasi
-Melakukan re-instal aplikasi
-Dan melakukan reset namun usahakan semuanya sudah dibackup terlebih dahulu.

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya sendiri, adasoftware yang sangat membantu, yakni EaseUS MobiMover. Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan software tersebut.

Mulai dari membantu mentransfer data dengan lebih mudah, mengatur file atau data di iPhone dengan praktis. Singkatnya, bisa mentransfer, menambah, menghapus, dan mengubah berbagai item di iPhone/iPad dengan lebih baik dan gratis.

Bagi yang ingin melakukan backup hanya perlu 3 langkah mudah saja. Pilih device, pilih files dan transfer, gampang sekali bukan? Dengan sekali klik, baik itu gambar, video, musik, dan berbagai file di iOS akan berpindah dalam sekali waktu. Cocok sekali buat yang memiliki segudang aktivitas.

Transfer dari iPhone ke iPhone mudah, iPhone ke komputer atau sebaliknya juga gampang. EaseUS MobiMover tidak hanya membantu mentransfer data dengan mudah, bahkan bisa dimanfaatkan untuk menonton film secara secara offline.

Tinggal download video atau film dari internet, simpan lalu tonton sesuka hati. Ada dua pilihan EaseUS MobiMover, yakni versi Free dan Profesional. Bagi yang menginginkan informasi yang lebih lengkap, bisa melihat di sini. Bila tertarik bisa menggunakan kode kupon berikut untuk potongan 50%!

Itu cara mem-back up dan tips menata data-data di iPhone dengan lebih mudah. Lakukan semuanya secara rutin dan jangan malas untuk menata semua file di iOS dengan lebih baik supaya sistem kerjanya bisa lancar. Semoga informasinya membantu.