Senin, 17 Februari 2020 11:47

Mendebarkan, Video Pilot Etihad A380 Menantang Badai saat Hendak Mendarat

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pesawat Etihad A38 saat hendak mendarat di London.
Pesawat Etihad A38 saat hendak mendarat di London.

Etihad A380 menghadapi angin kencang pada hari Sabtu (15/2/2020), ketika mencoba mendarat di Inggris.

RAKYATKU.COM - Etihad A380 menghadapi angin kencang pada hari Sabtu (15/2/2020), ketika mencoba mendarat di Inggris.

Sebuah video pendaratan, diposting di Youtube. Menunjukkan pesawat penumpang komersial terbesar di dunia itu melawan angin saat mendekati landasan pacu.

Dalam video itu, pilot Etihad terlihat menantang angin yang kurang bersahabat ketika pesawat besar turun dengan hati-hati di atas landasan. Pilot menarik kemudi menyamping agak berkelas.

Memang selalu menarik untuk melihat A380 dari dekat dan depan. Pesawat ini tampak seperti sedang menari di udara sebelum mengenai terra firma.

Orang-orang yang menyaksikannya hanya bisa terkagum-kagum dengan keterampilan pilot menangani kekuatan alam yang tak terlihat, tetapi kuat. Pesawat yang mengangkut ratusan penumpang dan awak sukses mendarat dengan aman.

"Dipaku. Pendaratan hebat !" komentar Youtube.

Peringatan cuaca ekstrem diberlakukan di sebagian besar Inggris selama akhir pekan. Badai Dennis membawa angin berkecepatan 144 km per jam dan membawa hujan lebat. Menyebabkan banjir di beberapa daerah di negara itu.

Seorang juru bicara Etihad, mengkonfirmasi video itu asli. Dia menambahkan bahwa A380 terbang dari Abu Dhabi ke London.

Dalam penerbangan, pendaratan lintas angin adalah manuver pendaratan di mana komponen signifikan dari angin yang ada tegak lurus terhadap garis tengah landasan pacu.

Saat mendarat di crosswind -angin yang bergerak tidak paralel dengan landasan pacu- kadang-kadang diperlukan manuver sebuah pesawat.

Pilot harus mengarahkan hidung pesawat ke arah angin yang masuk sambil menjaga bagian bawah pesawat itu sendiri bergerak ke arah landasan.

Loading...