Minggu, 16 Februari 2020 18:20

Artis Pencipta Meme "Menangis dalam Genangan Air Mata" Meninggal Lebih Cepat dari Prediksi Dokter

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Qing Han alias Qinni
Qing Han alias Qinni

Natal baru saja berlalu ketika Qin Han membuat pengumuman penting. Mengejutkan penggemarnya. 

RAKYATKU.COM - Natal baru saja berlalu ketika Qing Han membuat pengumuman penting. Mengejutkan penggemarnya. 

"Hidup Anda tinggal satu atau setengah tahun lagi," ujar dokter ahli jantung yang merawatnya.

Qing Han atau yang lebih dikenal dengan Qinni, seorang artis kreatif. Karya-karya seninya sangat terkenal.

Salah satu yang fenomenal adalah sebuah meme sederhana. Seseorang menangis telentang. Air matanya menggenangi seluruh tubuhnya.

Meme ini ditanggapi dengan beragam tafsir oleh orang yang melihatnya. Setiap orang punya pendapat masing-masing.

Dua tahun kemudian, Qinni mengungkap bahwa meme itu sebenarnya hanya iseng-iseng. Dibuat saat dia sedang frustrasi dengan karya seninya.

"?Ini adalah doodle sialku? ????? Yah, aku akhirnya berhasil menggali postingan doodle lama ini dari arsip Tumblr-ku hari ini. Ini adalah pos asli orat-oret ????," kata dia di akun Instagram pribadinya.

"Jadi 2 tahun yang lalu, saya frustrasi dengan seni saya dan menggambar orat-oret sial untuk curhat di blog seni Tumblr saya (saya masih merasa tertekan tentang seni saya dari waktu ke waktu, jangan khawatir, itu normal XD ;;) Rupanya sudah lewat sedikit sejak itu dan beberapa orang meminta untuk melihat posting asli saya. Anda dapat melihat yang asli melalui blog Tumblr saya ???????? (qinni.tumblr.com)
??Moral cerita ini: Beri tanda air pada setiap orat-oret yang Anda buat, tidak peduli seberapa buruk kotoran yang Anda pikirkan ????," lanjutnya.

Tak banyak yang tahu, perempuan 29 tahun itu mengidap penyakit parah. Dia sudah beberapa kali menjalani operasi jantung terbuka.

Puncaknya setelah Natal itu. Saat dokter memvonis bahwa hidupnya tidak lama lagi. Dia didiagnosis menderita kanker sarkoma stadium 4 fibrosis stadium akhir. 

Ternyata hidupnya berakhir lebih cepat dari prediksi dokter. Bukan setengah tahun apalagi satu tahun. Tidak sampai dua bulan. Wanita berkulit putih bersih itu meninggal pada 10 Februari 2020.

Selama ini, penyakit yang dideritanya ditranskripsi menjadi karya seni yang indah dan halus yang menginspirasi banyak orang.

Qinni berasal dari Kanada. Karyanya menginspirasi banyak orang selama lebih dari satu dekade. Kematiannya meninggalkan duka mendalam bagi banyak penggemar dan pengikutnya di online. 

Qinni pertama kali mendapatkan perhatian untuk karya seninya di situs web DeviantArt pada tahun 2008. Selama bertahun-tahun, karya seninya yang terinspirasi anime telah memikat hati jutaan orang. Memberinya kepercayaan diri untuk mengejar karier.

Qinni mulai secara profesional dengan bekerja sebagai pelukis latar belakang untuk studio animasi Titmouse. Di waktu luangnya, ia juga terus melakukan tutorial dan membimbing artis-artis lain secara online. 

Tidak butuh waktu lama baginya untuk menjadi berpengaruh di dunia seni. Mengumpulkan lebih dari dua juta pengikut di Instagram. Di luar Instagram, karya Qinni telah dibagikan secara luas oleh jutaan orang lainnya secara online.

Komunitas seni online telah mengenal Qinni tidak hanya karena bakatnya yang luar biasa, tetapi juga untuk kebaikan dan getaran positifnya. Dia bahkan diakui oleh Deviantart untuk "membantu dan membimbing dalam komunitas DeviantArt" dengan Deviousness Award DeviantArt pada tahun 2017.

Meskipun diagnosis, yang memicu curahan simpati dari para penggemarnya, Qinni terus membuat karya seni sampai minggu lalu.

Rekan artis Courtney "Seage" Howlett berbagi berita memilukan tentang kematiannya pada 10 Februari.

"Dia adalah cahaya dalam hidup saya dan lebih berarti bagi saya daripada yang bisa saya jelaskan," tutur Seage.

DeviantArt memposting tweet pada 10 Februari untuk mengenang karya Qinni.

"Hari ini, dunia telah kehilangan artis yang hebat, dan orang yang luar biasa. Terima kasih telah menginspirasi kami dengan karya Anda, Qinni. Kami harap Anda beristirahat dengan tenang," tulisnya sambil mengunggah karya-karya Qinni.