Jumat, 14 Februari 2020 02:00

Kawasaki Ungkap Alasan Ogah Kembali Tampil di MotoGP

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kawasaki Ungkap Alasan Ogah Kembali Tampil di MotoGP

Kawasaki Racing Team Director, Ichiro Yoda, merespons terkait rumor timnya bakal kembali berpartisipasi pada kejuaraan dunia MotoGP.

RAKYATKU.COM - Kawasaki Racing Team Director, Ichiro Yoda, merespons terkait rumor timnya bakal kembali berpartisipasi pada kejuaraan dunia MotoGP. 

Yoda menegaskan, Tim Kawasaki sama sekali tak memiliki rencana kembali tampil di MotoGP. Alasannya, besarnya dana yang harus mereka keluarkan.

Kawasaki sempat jadi salah satu tim yang berpartisipasi di MotoGP. Kawasaki sempat menghabiskan tujuh musim tampil sebagai tim di MotoGP sejak 2002 hingga 2008.

Namun, minim hasil positif yang didapat, membuat Kawasaki akhirnya absen tampil di MotoGP hingga saat ini. 

Mereka yang mampu meraih kesuksesan pada ajang Superbike, membuat rumor Kawasaki bakal kembali di MotoGP mencuat.

Yoda yang juga menjabat sebagai insinyur senior Kawasaki pun memberikan jawaban terkait hal itu. “Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami. Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujar Yoda, seperti disadur dari Motorsport Total, Kamis (13/2/2020).

“MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding WorldSBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” lanjutnya.

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan WorldSBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup pria asal Jepang tersebut.