Sabtu, 08 Februari 2020 10:50

Kepala BPS Polman Mahasiswa Pertama Program Doktor Ilmu Manajemen UT Majene

Al Khoriah Etiek Nugraha
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala BPS Polman Mahasiswa Pertama Program Doktor Ilmu Manajemen UT Majene

Kesibukan berkarir bukan penghalang untuk melanjutkan pendidikan. Hal itu yang diyakini oleh Ahmad Gunawan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat.

RAKYATKU.COM - Kesibukan berkarir bukan penghalang untuk melanjutkan pendidikan. Hal itu yang diyakini oleh Ahmad Gunawan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat.

Ahmad Gunawan telah terdaftar sebagai salah satu mahasiswa Program Doktor, di Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Majene.

UT sendiri telah membuka dua program doktoral jarak jauh. Yakni S3 Doktor Ilmu Manajemen dan S3 Doktor Administrasi Publik.

Kenapa memilih UT? Ahmad Gunawan menjawab, karena lebih fleksibel. Dengan sistem online yang diterapkan, kuliah dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

"Saya memilih UT Majene untuk melanjutkan pendidikan karena waktunya yang fleksibel. Tidak harus meninggalkan pekerjaan saya untuk menambah ilmu. Jadi saya bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja sehingga fokuspun tidak terbagi, jadi semua berjalan dengan baik," ujarnya.

Program Doktoral di UT Majene ini diakuinya sangat membantu. Pasalnya, instansinya tidak mengizinkan kuliah jarak jauh di Universitas lain, hanya UT yang diperbolehkan. Karena UT Perguruan Tinggi Negeri yang mengantongi izin untuk program belajar jarak jauh. 

Ia tidak merasa ragu. Meskipun Program Doktoral di UT ini baru dibuka September 2019 lalu. Menurutnya, UT memiliki banyak keunggulan. Salah satunya fasilitas tutorial online. Yakni mahasiswa berkuliah dipandu oleh tutor online (tuton), yang memberikan materi kuliah dan tugas secara online dengan jeda waktu tertentu tanpa harus bertatap muka.

"Ini satu kesyukuran juga buat saya karena lulus menjadi mahasiswa S3 di UT Majene. Saya bisa melanjutkan studi doktoral dengan mengambil Jurusan Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia tanpa harus meninggalkan tanggung jawab saya yang lainnya," ungkapnya, Jumat (7/2/2020).

"Saya sangat menyadari pendidikan sangat penting. Oleh karenanya, saya bersungguh-sungguh untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya," tambahnya.

Sementara itu, Direktur UT Majene Anfas ST MM, berharap Program Doktor di UT ini bisa menjadi stimulan untuk masyarakat Sulbar melanjutkan pendidikan. Sehingga memberikan sumbangsi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulawesi Barat.

"Sekarang masyarakat tidak perlu ragu dan bingung untuk melanjutkan pendidikan. Karena UT Majene hadir memfasilitasi masyarakat untuk mengakses layanan pendidikan S3 tanpa harus keluar kota," pungkasnya.