Jumat, 07 Februari 2020 13:18

Istri Bupati Pinrang Kreasikan Senam Massal Angkat Kearifan Lokal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Senam Wanua Penrang ini pun direspons positif oleh para ASN yang mengikuti senam.
Senam Wanua Penrang ini pun direspons positif oleh para ASN yang mengikuti senam.

Senam Wanua Penrang ini pun direspons positif oleh para ASN yang mengikuti senam.

RAKYATKU.COM, PINRANG - Ada yang berbeda dengan senam massal yang rutin digelar oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Pinrang. 

Jika biasanya senam massal diiringi lagu nasional maupun mancanegera berirama nge-beat, maka kali ini senam diringi oleh lagu lokal dengan judul “Wanua Penrang”. Gerakannya pun juga berbeda dengan senam massal yang pernah dikreasikan.

Ini merupakan inovasi dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pinrang, Andi Sri Widiyati Irwan .

“Kita ingin senam ini terus dikembangkan sampai di pelosok-pelosok di Kabupaten Pinrang,” kata istri Bupati Pinrang tersebut.

Senam Wanua Penrang ini pun direspons positif oleh para ASN yang mengikuti senam.

“Senam tersebut bisa menjadi ciri khas dari Kabupaten Pinrang dan semoga bisa booming seperti halnya Senam Maumere dari Nusa Tenggara Timur, Senam Poco-Poco dari Ambon, Senam Kaka Enda dari Ambon dan senam lainnya yang menggambarkan ciri khas daerah masing-masing. Baik itu dari gerakannya maupun lagu dalam iringan senam tersebut,” jelas Yanti, kepala Bagian Humas Sekkab Pinrang.

Berikut kutipan lirik dan makna dari Lagu Wanua Penrang

Wanua Penrang
Wanua penrang wasselena
Koko doang, bale sibawa ase
Iyanaro wassele maegana
Pakkampong ri wanua penrang

Wanua penrang maega polena
Pole ri siage wanua
Atuotuongenna masagena
Mappa siddi watakkale

Uwillawi ri puang marajae
Kuammengngi nawerekki pammase
Reso resona pallaong rumae
Namasagena atuo tuongenna

Pada toha nia’negarata
Pada toha nia’negarata

Daerah Pinrang

Terjemahan:
Hasil dari daerah Pinrang
Cokelat, udang, ikan dengan padi
Itulah hasil terbanyak
Penduduk daerah Pinrang

Daerah Pinrang banyak suku
Dari berbagai daerah
Kehidupan yang sejahtera
Bersatu bersama

Kuberdoa kepada Allah
Semoga Allah memberi berkah
Kepada para petani
Mencukupi kebutuhannya

Seperti pada negara kita
Seperti pada negara kita

Maksudnya:

Daerah Pinrang memiliki banyak suku dari berbagai daerah
Penghasilan di sana berupa cokelat, udang, ikan, dan padi
Kehidupan di sana sejahtera dan selalu bersatu bersama

Lagu di atas mengisahkan tentang penghidupan orang di Pinrang. Lagu tersebut memberi pesan bahwa para petani meminta berkah kepada Allah dan berusaha semampu yang mereka bisa. 

Lagu tersebut bisa dinyanyikan oleh kalangan mana saja. Kalangan remaja, anak-anak, maupun orang tua. Lagu tersebut di ciptakan oleh Drs. Melkianus dan T. Tukrin.

Menurut berbagai sumber, Wanua berarti tempat ayau daerah yang tinggali oleh penduduk. Sedangkan kata Pinrang sendiri memiliki berbagai versi. 

Versi yang pertama menyebut bahwa Pinrang berasal dari bahasa Bugis, yaitu kata “Benrang” yang berarti “air genangan” atau “rawa-rawa”. Mengapa demikian? Itu disebabkan karena pada pembukaan daerah Pinrang masih berupa daerah rendah yang sering tergenang air dan berawa.

Sumber lain juga mengatakan permukiman Kota Pinrang selalu tergenang air, sehingga masyarakat senantiasa bepindah-pindah tempat, atau dalam bahasa Bugis di sebut “Pinra-Pinra Onroang”. 

Setelah masyarakat menemukan tempat permukiman yang biak, maka tempat itu diberi nama “Pinra-Pinra”, lalu menjadi “Pinra”. Karena dipengaruhi oleh intonasi dan dialek bahasa Bugis sehingga menjadi “Pinrang”.

Dari pengertian di atas, dapat ambil kesimpulan bahwa masyarakat Pinrang banyak yang mengasilkan padi, ikan, dan udang karena tempatnya yang berawa-rawa atau tergenang air. 

Dan buah cokelat tumbuh sangat subur di daerah tersebut. Itulah mengapa penghasilan mereka kebanyakan padi, ikan, udang, dan cokelat.

Lagu ini juga ada unsur religiusnya, karena di dalam lagu tersebut ada bentuk pemujaan terhadap Tuhan, karena memberikan mereka kecukupan dan hidup sejahtera.

Mereka berdoa kepada tuhan agar para petani mendapatkan berkah dari-Nya.

Di daerah Pinrang masyarakatnya hidup bersatu, mereka saling membantu satu sama lain. Mengerjakan pekerjaan mereka secara bersama-sama. Kehidupan mereka menjadi sejahtera karena mereka membangun penghidupan mereka secara bersama, dan penghasilan mereka juga selalu banyak dan terpenuhi.

Loading...