Senin, 27 Januari 2020 13:56

Begini Kecanggihan Kapal Selam Alugoro yang Dijajal Presiden Jokowi di Surabaya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo sesaat sebelum masuk kapal selam Alugoro di Surabaya, Senin (27/1/2020).
Presiden Joko Widodo sesaat sebelum masuk kapal selam Alugoro di Surabaya, Senin (27/1/2020).

Presiden Joko Widodo menoleh sebelum masuk dalam lubang bundar. Ini pertama kali mantan gubernur DKI itu masuk kapal selam Alugoro, Senin (27/1/2020).

RAKYATKU.COM - Presiden Joko Widodo menoleh sebelum masuk dalam lubang bundar. Ini pertama kali mantan gubernur DKI itu masuk kapal selam Alugoro, Senin (27/1/2020).

Setibanya di PT Penataran Angkatan Laut (PAL), Jokowi langsung mendapat penjelasan terkait kapal selam Alugoro itu di Surabaya. 

Setelah mendapatkan penjelasan dari Direktur Utama PT PAL, Budiman Saleh, Presiden masuk ke dalam Kapal selam KRI Alugoro-405.

Kapal selam itu memiliki kecepatan maksimum 21 knot ketika berada di bawah air. Kapasitasnya 40 orang dan mampu menjelajah hingga 50 hari. 

Kapal selam buatan PT PAL Indonesia (Persero) KRI Alugoro-405 ini melakukan uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kapal selam ini berhasil diproduksi di Indonesia dengan menggandeng Korea Selatan (Korsel). 

Kapal selam ini merupakan pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerja sama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan, dalam skema transfer teknologi. 

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja kali ini di antaranya Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A Djalil, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menhan Prabowo Subianto, serta dua staf kantor presiden, M Fadjroel Rachman dan Putri Tanjung.