Selasa, 28 Januari 2020 00:02

Ilmuan Ciptakan Organisme Hidup yang Bisa Diprogram Seperti Robot

Andi Chaerul Fadli
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilmuan Ciptakan Organisme Hidup yang Bisa Diprogram Seperti Robot

Kombinasi luar biasa dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI) dan biologi telah menghasilkan robot hidup pertama di dunia.

RAKYATKU.COM - Kombinasi luar biasa dari kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI) dan biologi telah menghasilkan robot hidup pertama di dunia.

Minggu ini, tim peneliti robotika dan ilmuwan menerbitkan karya mereka untuk membuat bentuk kehidupan baru yang disebut xenobot dari sel induk. 

Istilah "xeno" berasal dari sel katak (Xenopus laevis) yang digunakan untuk membuatnya, dikutip dari Asia One, Selasa (28/1/2020).

Salah satu peneliti menggambarkan karya itu sebagai bukan robot tradisional atau spesies hewan yang dikenal. Tetapi organisme hidup yang dapat diprogram.

Panjang Xenobots kurang dari 1mm dan terbuat dari 500-1000 sel hidup. Mereka memiliki berbagai bentuk sederhana, termasuk beberapa dengan "kaki" jongkok. 

Mereka dapat mendorong diri mereka sendiri dalam arah linear atau melingkar, bergabung bersama untuk bertindak secara kolektif dan memindahkan objek kecil. Menggunakan energi seluler mereka sendiri, mereka dapat hidup hingga 10 hari.

Sementara itu, biomachine yang dapat dikonfigurasi ulang ini bisa meningkatkan kesehatan manusia, hewan, dan lingkungan.

Loading...