Jumat, 24 Januari 2020 22:31

Jokowi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia, Begini Isi Suratnya

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Prof Din Syamsuddin bertemu Paus Fransiskus beberapa waktu lalu.
Prof Din Syamsuddin bertemu Paus Fransiskus beberapa waktu lalu.

Surat undangan itu bertanggal 16 Januari 2020. Pengirimnya, Presiden RI Joko Widodo.

RAKYATKU.COM - Surat undangan itu bertanggal 16 Januari 2020. Pengirimnya, Presiden RI Joko Widodo.

Undangan itu ditujukan kepada, "Yang Teramat Mulia Bapa Suci Paus Fransiskus, Kepala Negara Takhta Suci Vatikan, 
Vatican City."

Pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus sebenarnya lebih dahulu berinisiatif datang ke Indonesia. Saat Presiden Jokowi tahu, dia langsung mengirimkan undangan resmi.

Paus Fransiskus rencananya berkunjung ke Asia Tenggara pada September 2020. Salah satu negara yang akan disinggahi yakni Indonesia. 

"Kita mendengar ada rencana Paus melawat ke Asia Tenggara, dan ada keinginan juga untuk berkunjung ke Indonesia," ujar pelaksana tugas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah.

Rencana kunjungan Paus Fransiskus membuat Presiden Jokowi tidak ingin melepaskan kesempatan untuk mengundang Paus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio. 

Berikut ini isi lengkap surat undangan Presiden Jokowi kepada Paus Fransiskus:

Yang Teramat Mulia, Atas nama Pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya menyampaikan salam hangat kepada Yang Terhormat Mulia serta Pemerintah Takhta Suci Vatikan. 

Saya telah menerima kabar bahwa Yang Teramat Mulia berencana untuk mengunjungi Indonesia pada bulan September tahun ini.

Sehubungan dengan itu, dengan gembira saya menyampaikan kepada Bapa Suci, sebagai Pemimpin Spiritual Gereja Katolik, sebuah undangan resmi untuk menjadi tamu kami. 

Saya percaya bahwa kunjungan Yang Teramat Mulia akan menjadi momentum yang sangat baik untuk mempererat persahabatan dan kerja sama demi kemaslahatan kita bersama. 

Seraya menantikan untuk menyambut Yang Teramat Mulia di Indonesia, terimalah, Bapa Suci, penghargaan saya yang setinggi-tingginya. 

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA, 

TTD Joko Widodo 

Yang Teramat Mulia 
Bapa Suci Paus Fransiskus 
Kepala Negara Takhta Suci Vatikan 
Vatican City