Jumat, 24 Januari 2020 01:00

Pemulihan Cedera, Marquez Sempat Tak Kuat Angkat Segelas Air

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Marc Marquez. (Foto: Crash)
Marc Marquez. (Foto: Crash)

Marc Marquez berbagi cerita terkait proses pemulihan cedera. Pembalap Repsol Honda itu mengaku pemulihan kali ini lebih sulit daripada sebelumnya.

RAKYATKU.COM - Marc Marquez berbagi cerita terkait proses pemulihan cedera. Pembalap Repsol Honda itu mengaku pemulihan kali ini lebih sulit daripada sebelumnya.

The Baby Alien mengaku, bahunya sempat tak bertenaga bahkan untuk mengangkat segelas air. Marquez menjalani operasi bahu kanan di akhir musim MotoGP 2019 usai mengalami cedera di kualifikasi MotoGP Malaysia. Kecelakaan lain di tes post-season Jerez kemudian membuat kondisi Marquez makin parah.

Operasi ini merupakan yang kedua kalinya beruntun dijalani Marquez usai pada tahun lalu menjalani operasi bahu sebelah kiri agar tidak terus-terusan dislokasi. Pembalap asal Spanyol itu mengatakan, proses penyembuhan cedera yang sekarang lebih rumit.

Biar begitu, Marquez bertekad agar fit tepat waktu. Marquez dijadwalkan mengikuti dua tes pramusim di Sepang dan Losail, sebelum membuka musim di Qatar pada 8 Maret 2020.

"Proses pemulihannya tidak lebih intens daripada tahun lalu, tidak sesakit sebelumnya tapi lebih sulit," ucap Marquez dikutip Autosport. 

"Mereka (dokter) memperingatkan aku bahwa ketika Anda merentangkan bahu ada banyak syaraf dan otot dan hal itu bisa memengaruhi mobilitas otot tertentu yang penting untuk bahu, dan itulah yang sedang kami latih."

"Sampai dua pekan lalu, aku tidak memiliki tenaga dan aku bahkan tidak bisa mengangkat segelas air. Tapi dalam beberapa hari belakangan, syarafnya mulai merespons dan aku sedikit membaik."

"Aku melakoni sesi rehabilitasi selama dua jam di pagi hari dan dua jam lagi di siang hari. Aku menghabiskan hampir sepanjang hari untuk tubuhku, mencoba memperbaikinya tapi sekaligus juga berhati-hati karena balapan pertama akan digelar di Qatar, dan ada tenggat waktu yang harus dipenuhi."