Kamis, 23 Januari 2020 02:30

Valentino Rossi Akui Sudah Tak Lagi Jago Membalap

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Valentino Rossi.
Valentino Rossi.

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, telah berusia 40 tahun. Sudah tak lagi muda, The Doctor masih terus aktif berlaga di pentas MotoGP.

RAKYATKU.COM - Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, telah berusia 40 tahun. Sudah tak lagi muda, The Doctor masih terus aktif berlaga di pentas MotoGP, setidaknya untuk setahun ke depan. 

Usia yang sudah tak lagi muda, membuat Rossi sadar kalau performanya kini tak sebagus dahulu. Rossi tidak memungkiri seiring bertambahnya usia, kondisi fisiknya pun tak sebugar dahulu. 

Biar begitu, bukan berarti Rossi mengalami penurunan performa drastis. Pembalap asal Italia itu memang terakhir kali menjadi juara dunia pada 2009, namun sejak 2014-2016 Rossi konsisten mengakhiri musim sebagai runner up.

Pada gelaran terakhir, yakni MotoGP 2019, Rossi hanya mampu finis di posisi ketujuh klasemen akhir. Walau begitu, Rossi percaya jika dia tetap fokus dan bekerja dengan baik, maka akan tercipta peluang untuknya kembali menyabet gelar juara dunia.

"Anda harus sangat realistis. Saya menyadari bahwa 10 atau 15 tahun yang lalu, saya adalah yang tercepat di lintasan dan sekarang tidak lagi. Akan tetapi, saya merasa bahwa jika saya bekerja dengan baik, saya bugar dan fokus, saya bisa menjadi salah satu yang terkuat,” ujar Rossi dikutip Speedweek, Rabu (22/1/2020).

Dalam gelaran MotoGP 2019, Rossi sebenarnya mengawali musim dengan baik. Pada tiga seri balapan pertama, The Doctor mampu dua kali naik podium. Sayang, setelah itu performa Rossi tidak konsisten. Dia kesulitan untuk tetap berada di grup terdepan.

Terakhir kali Rossi memenangkan balapan adalah pada MotoGP Belanda 2017. Tak ayal kondisi itu membuat Rossi kini mulai memikirkan untuk pensiun. Jika pada Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 Rossi kembali gagal menampilkan performa memuaskan, maka dia bisa saja mengambil keputusan untuk pensiun.