Selasa, 14 Januari 2020 01:01

Barru Pengumpul Zakat Terbesar di Sulsel, Jumlahnya Capai Rp18 Miliar

Mays
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri).
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri).

Jumlah penduduk di Kabupaten Barru, mungkin sedikit jika dibanding beberapa daerah lainnya di Sulsel. Tapi, untuk urusan kepedulian terhadap sesama, Barru juaranya.

RAKYATKU.COM, BARRU - Jumlah penduduk di Kabupaten Barru, mungkin sedikit jika dibanding beberapa daerah lainnya di Sulsel. Tapi, untuk urusan kepedulian terhadap sesama, Barru juaranya.

Itu dibuktikan dengan data Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), yang saat ini telah mencatatkan Barru, sebagai pengumpul zakat, infaq dan sedekah terbesar di Sulawesi Selatan. Jumlahnya mencapai Rp18 miliar.

“Alhamdulillah, Barru hari ini merupakan pengumpul zakat, infaq dan sedekah terbesar di Sulsel,” kata Bupati Barru, Suardi Saleh saat memberikan sambutan di peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Binuang, Balusu, Senin (13/1/2020).

Di depan ratusan warga yang hadir di peringatan keagamaan ini, Suardi Saleh masih menyempatkan waktunya memenuhi undangan panitia, di sela-sela kesibukannya mengurus penanganan bencana alam. Dia mengaku jika capaian tersebut, tidak lepas dari adanya kepedulian dan kepercayaan ke Baznas.

“Ini tidak lepas karena adanya akuntabilitas dan pengumpulan, juga penyaluran yang dilakukan Baznas. Sehingga, masyarakat tidak ragu untuk berzakat. Dan alhamdulillah, ini mengalami peningkatan secara terus menerus," urai eks aktivis Gappembar ini yang datang bersama Wakil Bupati Barru, Nasruddin.

 

Mantan Kadis PU Maros dan Kepala Bappeda Pinrang ini menambahkan, fakta semakin meningkatnya jumlah warga yang berzakat dan bersedekah, sejalan dengan data terbaru, mengenai angka kemiskinan di Barru yang juga menurun.

“Penyalurannya yang baik itu, sekaligus ikut membantu mengurangi angka kemiskinan di Barru," paparnya.

Sponsored by MGID

Tahun sebelumnya kata dia, angka kemiskinan di Barru sekitar 10%. Tetapi sekarang, menurun menjadi 8%,” sebut Suardi Saleh yang sejak memimpin Barru dikenal sebagai bupati yang peduli.

Selain menyinggung soal zakat dan infaq, Suardi Saleh memanfaatkan momentum ini untuk terus mengingatkan warga lebih waspada dengan potensi bencana alam. Apalagi selama dua pekan terakhir, sebagian wilayah dilanda angin kencang dan banjir.

Berdasarkan pantauan, di peringatan maulid kali ini, selain dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati, ikut hadir Pj Sekda Barru Abustan, Asisten, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkab.

Sponsored by advertnative