Senin, 06 Januari 2020 22:45

Andai Pneumonia 'Misterius' China Masuk Indonesia, Ini Langkah Kemenkes

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Wabah pneumonia di Wuhan, China, diwaspadai sejumlah negara di Asia. Wabah pneumonia ini semula dilaporkan sebanyak 44 kasus dan terus meningkat.

RAKYATKU.COM - Wabah pneumonia di Wuhan, China, diwaspadai sejumlah negara di Asia. Wabah pneumonia ini semula dilaporkan sebanyak 44 kasus dan terus meningkat menjadi 59 kasus. 

Hal tersebut menimbulkan beragam spekulasi dan keresahan di masyarakat. Bagaimana seandainya wabah pneumonia misterius ini benar-benar masuk ke Indonesia?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melakukan pencegahan dengan mewaspadai pasien yang mengidap pneumonia. 

Pasien yang mengidap pneumonia akan melalui beberapa tindakan sebagai pencegahan lebih lanjut guna menghindari risiko masuknya wabah pneumonia misterius dari China.

"Jika ditemukan pasien seperti di Wuhan akan dilakukan perawatan, pengobatan, isolasi, serta melakukan investigasi dan penanggulangan untuk mencegah penyebaran penyakit meluas," dikutip dari situs resmi Kemenkes RI.

Kemenkes RI juga melakukan deteksi, pencegahan dan respons terhadap kemungkinan masuknya pasien pneumonia berat dari luar negeri, termasuk dari China melalui bandar udara, pelabuhan laut, pos lintas batas negara.

Kemenkes pun memastikan akan terus memantau kemungkinan ditemukannya virus atau mikroorganisma baru dari hasil pemeriksaan laboratorium pasien pneumonia berat.

Selain itu, memantau perkembangan penyakit pneumonia berat yang belum diketahui penyebabnya di dunia agar dapat segera dilakukan langkah yang diperlukan di Indonesia.

Sumber: Detik.com