Senin, 06 Januari 2020 08:00

10 Film dengan Keuntungan Terbesar di 10 Tahun Terakhir

Ibnu Kasir Amahoru
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Avengers: Endgame.
Avengers: Endgame.

Produksi film dalam 10 tahun terakhir berhasil memberikan apa yang diharapkan. Itu terbukti dari jumlah penonton yang datang ke bioskop.

RAKYATKU.COM - Produksi film dalam 10 tahun terakhir berhasil memberikan apa yang diharapkan. Itu terbukti dari jumlah penonton yang datang ke bioskop.

Tidak heran, banyak film di 10 tahun terakhir yang berhasil meraup keuntungan di bioskop yang sangat besar, dibantu dengan semakin banyaknya bioskop di seluruh penjuru dunia.

Dilansir Jalantikus, berikut daftar 10 film dengan keuntungan terbesar di 10 tahun terakhir yang diambil dari situs Fandango.

1. Toy Story 3 (2010)

Setelah vakum selama lebih dari 10 tahun, studio animasi Pixar kembali mempertemukan kita dengan Woody, Buzz, dkk melalui film Toy Story 3.

Di film ini, Woody dan mainan lainnya mengalami dilema ketika mereka harus rela kalau pemilik mereka, Andy, sudah tumbuh dewasa dan tidak bisa bermain dengan mereka lagi.

 

Publik juga sepertinya sudah sangat kangen dengan aksi mainan hidup Woody dkk karena Toy Story 3 berhasil menjadi film dengan keuntungan terbesar di tahun 2010 di Amerika Serikat.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 415 juta dolar atau sekitar Rp5,8 triliun dan berhasil mengalahkan film seperti Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 1.

2. Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2 (2011)

Banyak dari kenalan Jaka yang tumbuh bersama trio penyihir Harry, Ron, dan Hermione yang membuat film penutup kisah mereka sangat populer.

Di Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 2, ketiga sahabat ini kembali lagi ke Hogwarts untuk sebuah konfrontasi terakhir dengan Voldemort dan pengikutnya.

Sebagai puncak dari kisah yang dimulai 10 tahun lalu, publik secara berondong pergi menonton film ini yang membuat film ini mendapat keuntungan sangat besar.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 381 juta dolar atau sekitar Rp5,1 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti Transformers: Dark of the Moon.

3. The Avengers (2012)

Bisa dibilang, 2012 adalah tahun yang mengubah dunia film dengan dirilisnya film The Avengers yang mengukuhkan potensi dari apa yang sekarang disebut dengan istilah cinematic universe.

Di film ini, superhero Marvel yang awalnya muncul di film yang berbeda bersatu untuk melawan ancaman yang dibawa oleh Loki.

Berkat kesuksesan film ini di bioskop, sekarang banyak studio lain yang ingin mengembangkan cinematic universe mereka sendiri.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 623 juta dolar atau sekitar Rp8,7 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film James Bond, Skyfall.

4. The Hunger Games: Catching Fire (2013)

The Hunger Games: Catching Fire menceritakan kisah Katniss dan Peeta yang harus mengikuti Hunger Games Ke-75 setelah kemenangan mereka di turnamen sebelumnya.

Ketika dirilis, film ini juga berhasil menuai banyak pujian dari kritikus yang tentunya membantu film ini menjadi film dengan keuntungan terbesar di tahun 2013, geng!

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 425 juta dolar atau sekitar Rp5,9 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film animasi Disney, Frozen.

5. American Sniper (2014)

Seperti rakyat Indonesia yang langsung ngantri di bioskop untuk nonton film Bumi Manusia, rakyat Amerika juga memiliki jiwa patriotis yang membuat film ini populer.

Film American Sniper dibuat dari kisah nyata yang menceritakan kisah Chris Kyle, seorang mantan penembak jitu yang merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kehidupan setelah perang.

Meskipun film ini sempat menuai kontroversi karena penggambaran Perang Irak dan keaslian tokoh Chris Kyle, masih nggak mencegah film ini mendapat sukses besar di bioskop.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 350 juta dolar atau sekitar Rp4,8 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film The Hobbit: The Battle of the Five Armies.

6. Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015)

Nggak bisa dipungkiri, Star Wars adalah salah satu karya paling populer di dunia yang bisa dibuktikan dari pendapatan film ini.

Star Wars: Episode VII - The Force Awakens menceritakan kisah Rey yang bergabung dengan karakter lama Han dan Leia dalam melawan ancaman pasukan First Order.

Setelah perusahaan Lucasfilm dibeli oleh Disney di tahun 2012, perusahaan tersebut langsung mempercepat produksi film ini dan keputusan Disney terbukti tepat.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 937 juta dolar atau sekitar Rp13 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film sekuel kelamaan lainnya, Jurassic World.

7. Rogue One: A Star Wars Story (2016)

Film ini mungkin bukan bagian dari seri utama Star Wars tapi hal ini nggak mencegah publik untuk beramai-ramai menonton Rogue One: A Star Wars Story.

Berlatar tepat sebelum film Star Wars: Episode IV - A New Hope, film ini menceritakan aksi nekat Jyn Erso dalam mencuri cetak biru untuk markas Empire yang baru.

Meskipun sempat menuai kontroversi karena dua karakter manusia di sini dibangkitkan menggunakan CGI, film ini tetap mendapat sukses besar.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 532 juta dolar atau sekitar Rp7.4 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film animasi Pixar, Finding Dory.

8. Star Wars: Episode VIII - The Last Jedi (2017)

Momentum Disney dan Star Wars sepertinya sudah tidak terbendung karena selama tiga tahun berturut-turut mereka berhasil merajai bioskop, geng!

Melanjuti The Force Awakens, Star Wars: Episode VIII - The Last Jedi menceritakan kisah Rey yang ingin berguru terhadap Luke, tokoh utama di trilogi original Star Wars.

Film ini sempat dihujat oleh fans karena dianggap terlalu membawa banyak perubahan terhadap tokoh Luke tapi tetap saja mendapat untung besar.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 620 juta dolar atau sekitar Rp8,6 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film live-action Disney, Beauty and the Beast.

9. Black Panther (2018)

Benar sekali, geng, bukan film keroyokan Avengers: Infinity War yang masuk di daftar ini tapi film solo Black Panther yang berhasil merajai bioskop di Amerika Serikat.

Film ini bercerita mengenai superhero Black Panther yang harus melawan pemberontakan dari sepupunya yang radikal, Kilmonger.

Tokoh Kilmonger di sini malah menjadi favorit para fans dan banyak yang menganggap kalau dia adalah pahlawan sejati dari film ini, geng!

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 700 juta dolar atau sekitar Rp9,7 triliun dan seperti yang telah Jaka bilang, berhasil mengungguli film Avengers: Infinity War.

10. Avengers: Endgame (2019)

Memang butuh waktu lama, tapi rekor film Avatar sebagai film dengan pendapatan terbesar di dunia akhirnya berhasil dipatahkan oleh Avengers: Endgame di pertengahan tahun ini.
Film ini bercerita mengenai usaha superhero yang berhasil selamat dari jentikkan jari Thanos untuk mengembalikan rekan mereka yang hilang.

Sebagai puncak dari 23 film MCU sebelumnya, ada beberapa karakter yang sudah kita kenal lama yang pensiun di film ini yang membuat film ini penuh dengan adegan menyentuh hati.

Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar 858 juta dolar atau sekitar Rp11,9 triliun dan berhasil mengalahkan film lain seperti film live-action The Lion King.