Jumat, 03 Januari 2020 11:52

Liverpool Sudah Setahun Tak Terkalahkan di Liga Inggris

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Liverpool. (Foto: EPA)
Liverpool. (Foto: EPA)

Liverpool mencatat rekor usai menundukkan Sheffield United 2-0. The Reds sudah setahun tak terkalahkan di Liga Inggris.

RAKYATKU.COM - Liverpool mencatat rekor usai menundukkan Sheffield United 2-0. The Reds sudah setahun tak terkalahkan di Liga Inggris.

Berlaga di Anfield, Jumat dini hari Wita (3/1/2020), dua gol dari Mohamed Salah (4') dan Sadio Mane (65') menjadikan tim asuhan Juergen Klopp sudah tak terkalahkan dalam 37 laga beruntun. 

Terakhir kali mereka kalah di Liga Inggris pada 3 Januari 2019. Saat ditekuk 1-2 Manchester City di Etihad Stadium.

Usai itu, Liverpool tak pernah gagal meraih poin lagi. Pada 37 pertandingan berikutnya, 32 di antaranya sukses dimenangi dan hanya 5 pertandingan berakhir imbang.

Khusus musim 2019/2020, Liverpool baru sekali imbang, yakni saat melawan Manchester United, Minggu (20/10/2019). Sisanya, Liverpool selalu meraih tiga poin. Mereka kini kukuh di puncak klasemen dengan raihan 58 poin dari 20 laga.

BBC mencatat, Liverpool menjadi tim ketiga yang berhasil tak terkalahkan selama minimal setahun di Liga Inggris. Sebelumnya, Arsenal (49 laga, 2003-2004) dan Chelsea (40 laga, 2004-2005). Keduanya juga meraih gelar juara Liga Inggris di akhir musim.

Liverpool kini berpeluang menyamai atau menyalip rekor kedua tim itu. "Tentu sangat bagus ya (tak terkalahkan selama setahun), tapi targetnya bukan itu, melainkan terus memenangkan setiap laga yang kami mainkan," ujar Klopp kepada BBC.

"Hal terbaik saat melawan Sheffield United adalah membuat laga ini menjadi biasa-biasa saja, karena kami betul-betul mengontrol jalannya pertandingan."

"Saya amat senang dan bangga kepada para pemain saya. Kami tak boleh menganggap hasil ini sebagai hal yang lumrah. Cara kami meredam Sheffield United sangat luar biasa. Kami juga bagus dalam penguasaan bola (75%), tampil tenang tapi tetap bersemangat. Gol yang kami cetak juga keren," puji Klopp.