Rabu, 01 Januari 2020 03:30

Pembalap MotoGP Terbaik 10 Tahun Terakhir, Rossi Tak Masuk 5 Besar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Valentino Rossi. Monster Energy Yamana
Valentino Rossi. Monster Energy Yamana

Banyak kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan siapa pembalap terbaik di sepanjang 2010-2019. 

RAKYATKU.COM - Banyak kriteria yang bisa digunakan untuk menentukan siapa pembalap terbaik di sepanjang 2010-2019. 

Namun secara umum, kriteria pebalap terbaik bisa diukur berdasarkan jumlah kemenangan yang mereka raih.

Ada 180 balapan digelar dalam 10 tahun terakhir. Beberapa pebalap terbaik dunia muncul dan pergi, sementara rider-rider muda penuh potensi terus berdatangan.

Dalam 180 balapan tersebut, ternyata cuma ada 13 pebalap yang punya kesempatan menjadi pemenang. 

Mereka adalah Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Jorge Lorenzo, Marc Márquez, Jack Miller, Dani Pedrosa, Danilo Petrucci, Alex Rins, Valentino Rossi, Ben Spies, Casey Stoner, dan Maverick Viñales.

Dari daftar singkat di atas, Iannone, Miller, Petrucci, dan Spies cuma sekali menang. Itu artinya, cuma Crutchlow, Dovizioso, Lorenzo, Márquez, Pedrosa, Rossi, Stoner, dan Viñales yang beberapa kali merasakan menjejak podium teratas.

Berkaca pada jumlah kemenangan yang didapat, dan jumlah gelar juara yang telah diraih, tak bisa disangkal lagi Marquez adalah rider MotoGP terbaik dekade ini. Dia nyaris tak punya lawan sepadan di atas lintasan.

Meraih 6 gelar juara dunia sejak menjalani debut di 2013, Marquez meraih 56 kemenangan dari 127 balapan. Jika dirata-rata, dia memenangi 44% balapan yang diikuti.

Posisi dua menjadi milik Jorge Lorenzo. Baru saja memutuskan pensiun, Lorenzo meraup 42 kemenangan dari 169 balapan (24,85%).

Namun jika berbicara soal persentase kemenangan, Casey Stoner berhak ada di posisi dua dengan jumlah 36% kemenangan. Stoner meraih 18 kemenangan dari 53 race dalam sebelum memutuskan pensiun di akhir musim 2012.

Dari daftar kemenangan terbanyak sepanjang satu dekade terakhir, Dani Pedrosa menduduki posisi tiga (23), diikuti Stoner (18), dan Andrea Dovizioso (13).

Valentino Rossi terlempar dari posisi lima besar dalam daftar ini. The Doctor hanya mengoleksi 12 kemenangan dalam 10 tahun terakhir. Itu menempatkan dia di urutan enam.

Rossi tercatat tampil dalam 175 balapan sepanjang 2010 sampai 2019. Selain 12 kemenangan didapat, dia meraih 26 status runner up, dan 32 kali menjadi penghuni posisi tiga. Demikian data yang dihimpun asphaltandrubber.